PPST : Penampil Terbaik Jawa Timur

PPST SMAN 10 Malang Yang Membawa Nama Baik

PPST merupakan salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMAN 10 Malang. PPST adalah singkatan dari Pengembangan Pendidikan Seni Tradisi. Ekskul ini diadakan setiap hari Sabtu. Jika ada perlombaan atau tampil disuatu acara biasanya latihan diadakan setiap hari pada saat pulang sekolah sampai menjelang maghrib. Latihan ini untuk melemaskan gaya atau olah tubuh ketika tampil, Pengaturan tempo gerak, Irama dalam berbicara, dan yang paling penting menyesuaikan ekspresi wajah sesuai dengan adegan yang dimainkan.

PPST

(15/11) Anak-anak PPST mengikuti lomba yang ada di Surabaya, tepatnya di Cak Durasim. Mereka berangkat menggunakan bis yang berisi 24 siswa, 4 pendamping, mereka mulai berangkat menggunakan bis sekolah SMAN 10 Malang. Sekitar 3 bulan 90 hari mereka latihan untuk membawakan drama yang bernama “Kangkang Kapokmu Kapan” yang diperankan oleh siswa-siswi SMAN 10 Malang, yaitu M. Subiakta Arzad A (Joko Lumut), Gita Eka Rahmawati (Kirana), Wisnu Samodra (Kangkang).”Kangkang Kapokmu Kapan” ini di pimpin oleh Ibu Faridah Hayati (Guru Seni budaya SMAN 10 Malang) diproduseri oleh PPST SMAN 10 Malang yang beranggotakan 13 pemusik, 1 sinden, 10 pemain.

Cerita “Kangkang Kapokmu Kapan” ini bercerita tentang Kirana yang mencari Kakang Kertapati. Kakang Kertapati saat dalam perjalanan mencari Kirana, dihadang oleh Kangkang, yang pada akhirnya Kangkang yang kapok karena dikeroyok oleh barong Joko Lumut. Disana, mereka menampilkan selama 18 menit dan menginap 2 hari 1 malam yang pada akhirnya mereka mendapatkan juara 2 kategori emas. Dengan ini, mereka membawa nama baik SMAN 10 MALANG. Diharapkan mereka dapat memberi motivasi untuk siswa siswi lain untuk meraih prestasi.(ezy/rza)

PAS Ganjil

Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SMAN 10 Malang dilaksanakan pada tanggal 26 November 2018 sampai dengan 5 Desember 2018. Dalam pelaksanaannya peserta didik akan dibagi menjadi 27 ruang penilaian, para siswa kelas 11 akan duduk berdampingan dengan siswa kelas 10. Seragam yang dikenakan siswa kelas 10 dengan kelas 11 dibedakan, tujuannya yaitu untuk membedakan tingkatan peserta didik.

Foto 1

Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan pukul 11.00 WIB, kecuali pada hari Jumat, PAS dilaksanakan pukul 08.30 WIB. Para siswa diwajibkan untuk tidak telat saat mengikuti pelaksanaan PAS agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun. Beberapa mata pelajaran ada yang sudah menggunakan cyber. Namun, juga masih ada yang menggunakan kertas.

Tujuan dilaksanakannya Penilaian Akhir Semester (PAS) antara lain :

  1. Mengetahui kemampuan hasil belajar peserta didik.
  2. Mengetahui kesulitan belajar peserta didik.
  3. Memberikan perbaikan pada kegiatan belajar mengajar (KBM).
  4. Memotivasi siswa dengan cara mengenal dan memahami kemampuan diri sendiri serta merangsang untuk melakukan perbaikan.

Foto 2

Penilaian Akhir Semester merupakan serangkaian proses penilaian untuk menentukan pencapaian hasil belajar para peserta didik. Siswa diwajibkan untuk mengerjakan soal dengan jujur. Setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) berakhir, siswa akan mengetahui hasil belajarnya selama ini dengan adanya pembagian rapor. (asp)

Juara 3 ACA : Muda yang Berkarya

(24/11) Siswi SMAN 10 Malang Melania Dwi A dan Nadya Windy Anggraeni berhasil menjuarai lomba ACA (Accounting Competition Of Asia 2018) yang diadakan oleh STIE Asia Malang. Pendaftaran lomba berakhir pada tanggal  15 November dengan peserta kurang lebih 200 peserta. SMAN 10 Malang  mengirimkan 2 tim untuk mengikutinya. Awalnya mereka hanya iseng membagikan pamflet, namun salah satu guru merespon dengan serius, yaitu Bu Indama. Kemudian, Bu Indama menghadap ke kepala sekolah. Alhamdulillah kepala sekolah menyetujui dan mencarikan guru pembimbing, Bu Jumiati dosen UM. Mereka sempat menolak dibimbing karena takut mengecewakan sekolah dengan kekalahan. Namun, mereka tetap menjalaninya sebagai tugas dari kepala sekolah. Pada tanggal 17 November 2018, mereka mengikuti babak penyisihan. Kelompok A mendapat ranking 3, dan kelompok B mendapat rangking 4.

Juara 3 ACA - Melania dan Nadia Windy

Tanggal 24 November semua tim dari SMAN 10 Malang masuk dalam babak semi final 1. Sayangnya, Tim A harus pulang karena mendapat rangking 10 pada semifinal 2. Namun tim B tetap tidak ingin menyerah. Mengerjakan soal siklus akuntansi dari jurnal penyesuaian sampai pembalik tidaklah mudah. Saat semua peserta semi  final 2  telah beranjak mengumpulkan kertas jawaban, mereka masih duduk dan fokus melanjutkan jawabannya. Karena dirasa jawaban mereka kurang meyakinkan, mereka putus asa dan memutuskan untuk pulang. Namun hujan menghalangi, dan mereka tetap menunggu di depan. Saat pengumuman, ternyata nama Tim B disebut oleh juri , dan lolos ke babak final. Mereka menjawab 5 soal, dan 20 soal cerdas cermat dengan hasil akhir skor mereka sama dengan Tim E dari SMA luar kota Malang. Akhirnya mereka diberi soal untuk memperebutkan juara 3. Tak disangka SMAN 10 Malang berhasil meraih juara 3 dalam lomba ACA 2018. (ear)

9 Medali : Persembahan Taekwondo Untuk SMANDASA

Minggu (25/11) SMAN 10 Malang menorehkan prestasinya lagi, kali ini SMAN 10 Malang berhasil mendapatkan prestasi di bidang non-akademik, yaitu Taekwondo. Suatu prestasi yang membanggakan karena SMAN 10 Malang berhasil menyabet 7 medali emas dan 2 medali perak dalam kejuaraan Taekwondo UM-CUP IV yang diselenggarakan selama 2 hari yaitu tanggal 24-25 November 2018 di Gor Bima Sakti, Malang. Berikut adalah nama-nama serta medali yang diperoleh:

  1. Afvan Krisna : Emas
  2. Bagas Wimono : Emas
  3. Farhan Bagus Pamungkas : Emas
  4. Ludia Juni Rahayu : Emas
  5. Oktavia Putri : Emas
  6. Ryan Nanda : Emas
  7. Saila Irfany : Emas
  8. Asa Faidho R.F. : Perak
  9. Atarico Kintom : Perak

Farhan Bagus Pamungkas atau yang kerap disapa Farhan, salah satu perwakilan SMAN 10 Malang sekaligus peraih medali emas pertama untuk SMAN 10 Malang mengungkapkan bahwa ia sangat senang telah berhasil mendapatkan emas pertama untuk SMAN 10 Malang dalam cabang Kyorugi.

Foto 1

Tidak hanya itu, Afris sebagai Ketua Taekwondo di SMAN 10 Malang juga mengungkapkan harapannya setelah memenangkan kejuaraan ini “saya ingin Taekwondo tetap memberi prestasi dan memberi kepercayaan kepada teman-teman di SMAN 10 Malang bahwa Taekwondo di SMAN 10 Malang dapat berprestasi.” Ungkapnya setelah pertandingan berakhir.

Foto 3

Tentunya kita semua berharap agar SMAN 10 Malang tetap terus berprestasi dan mengasilkan karya-karya yang luar biasa untuk membanggakan SMAN 10 Malang. Semoga dengan prestasi ini, kedepannya siswa SMAN 10 Malang dapat terpicu untuk berlomba-lomba dalam memberi prestasi sebanyak mungkin untuk SMANDASA. (aka)

-SMANDASA WE LOVE YOU-

Juara 2 Karate Malang Openg IX : Pertandingan Mendadak Bukan Masalah

MALANG—Jumat(2/11) adalah sebuah hari penentuan bagi salah satu atlet karate SMAN 10 Malang, Meichel Rizaldo Watimurry. Siswa yang kerap disapa Kevin ini baru saja memenangkan posisi juara ke-2 pada Kejurnas Karate Malang Open IX. Ia bertanding di Gor Ken Arok, kategori usia 16-17.

 Juara II Kata Beregu Putra

Tak disangka, Kejurnas kali ini Kevin hanya memiliki waktu dua kali persiapan. Ia mengeluh tidak dapat pemberitahuan lebih awal. Maka dari itu, Kevin menggunakan watunya sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya kali ini, sebelumnya ia juga pernah diberangkatkan untuk mengikuti kejuaraan dengan waktu yang mendadak. Hebatnya, ia juga memenangkan posisi juara 1 padahal kala itu ia hanya mendapatkan waktu 3 kali latihan.

 

Kevin mengaku bangga bisa mengharumkan nama almamater melalui bakatnya di bidang karate. Meskipun ia merasa kurang adanya tanggapan, itu bukan sebuah masalah yang besar. Siswa kelas XI IPS 1 ini masih semangat meraih juara-juara di kejuaraan yang akan datang. Dukungan orang tua juga menjadi kontribusi yang kuat dalam kiprahnya di dunia karate. Sang Ayah menjadi peran utama dalam mendorong Kevin agar lebih semangat. Ayahya mengungkapkan, jangan pernah merasa sombong atas prestasi-prestasi yang pernah diraih, dan jangan lupa berdoa sebelum pertandingan dimulai. “Pesanku, buat teman-teman, jangan malu atau minder terhadap bakat yang kamu miliki. Gali potensimu dan kembangkan bakatmu. Kalau aku bisa, kalian pasti bisa,” tutur Kevin. (tiy)

Peringatan Maulid Nabi Muhammand SAW 1440 H

Dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 20 November 2018. SMA Negeri 10 Malang mengadakan rangkaian Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, (24/11) di Aula SMA Negeri 10 Malang dengan tema “Generasi Teladan Rasulullah”.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diikuti oleh Kepala sekolah, seluruh Guru dan Staf, serta siswa-siswi SMA Negeri 10 Malang. Adapun kegiatan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW terdiri dari : Sambutan dari Kepala Sekolah, Shalawatan, Ceramah dari Udztad Anas, Lomba Poster, dan juga Lomba Cerdas Cermat.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam ceramah Udztad Anas, diceritakan kehidupan Rasulullah SAW, begitu banyak hinaan yang ia dapatkan saat menyebarkan agama Islam, dan juga tidak sedikit orang yang membencinya. Namun ia tidak membenci balik ataupun membalas kelakuan buruk orang terhadapnya, ia tetap tersenyum dan menghargai orang tersebut.

Dengan diadakannya peringatan maulid setiap tahun, akan menambah kecintaan umat dan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan hidup utama.(dvi)

Ibadah Padang Siswa-Siswi Nasrani SMANDASA

SMAN 10 Malang mengadakan kegiatan Maulid Nabi bagi siswa-siswi Muslim kelas X, XI dan XII pada Hari Sabtu (24/11). Sementara pada hari yang sama, SMAN 10 Malang juga mengadakan kegiatan Ibadah Padang bagi siswa-siswi Nasrani kelas X, XI dan XII. Kegiatan Ibadah Padang adalah ibadah yang diadakan di tempat lain selain gereja bagi umat Nasrani.

Picture 1

Kegiatan Ibadah Padang siswa-siswi Nasrani SMANDASA kali ini diadakan di EE Center Indonesia yang berlokasi di Jl. Bandulan Barat 332, Malang. EE Center Indonesia adalah tempat belajar serta menambah wawasan tentang agama Nasrani. Siswa-siswi Nasrani beserta guru Pendidikan Agama Kristen SMAN 10 Malang yang juga menjadi guru pendamping, Ibu Dra. Menik Sri Suyatmi, berangkat dari sekolah menuju EE Center Indonesia sekitar pukul 07.30 WIB dengan menggunakan bis sekolah.

Picture 2

Di sana siswa-siswi disambut dengan hangat oleh kakak-kakak pembina yang mengajak mereka untuk melakukan berbagai kegiatan menyenangkan. Diawali dengan ibadah pembuka, sharing, tea time, games, makan siang dan ibadah penutup. “Kegiatannya seru banget dan nggak membosankan. Kita bisa bermain sekaligus menambah wawasan tentang Pendidikan Agama Kristen di sini,” kata Marcella Eva Josephine, salah satu siswi Nasrani kelas XI SMAN 10 Malang. (gep)