Tujuh Orang Ikuti Tahap 2 seleksi UWC

United World College Scholarship atau yang lebih sering disebut UWC Scholarship merupakan program pre-university untuk program diploma satu dan dua yang diadakan setiap tahunnya dibawah naungan National CommitteUWC Scholarship  bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar dan pendidikan sebagai suatu usaha untuk menyatukan seluruh negara, penduduk dunia, dan budaya melalui jalan yang sesuai dengan tantangan di abad 21 guna menciptakan perdamaian dan masa depan yang lebih cerah. Program ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB), ada pun dua jalur dari program ini, jalur berbayar dan beasiswa. Negara tujuan dari program UWC Scholarship ini berbeda setiap tahunnya, tahun ini negara tujuannya adalah Italia, Jerman, dan Belanda. Program ini dapat diikuti oleh siswa SMA atau sederajat.

Untuk mengikuti program ini, ada beberapa tahap yang harus dilewati peserta. Tahap pertama adalah penyerahan aplikasi dilanjutkan tahap kedua yaitu, tes psikologi, interview dan FGD (Focus Group Discussion), kemudian tahap terakhir adalah Home Visit. SMAN 10 Malang mengirim 10 siswanya untuk mengikuti program tersebut. Sepuluh siswa tersebut adalah Ducha Nadya Hapsari, Dayin Wijaya, Imelda Gita, Dea Santi Alqurwani, Cinka Dyas Zattira, Imron Alamsyah, Dibyana Galih Prakasita, Ni Luh Mas Pramertasari, Kristina Linggam Puspaningtias, dan Annisa Mardianing Utami.

Peserta-Seleksi-UWC-SMAN-10-Malang

“ Yang lolos tahap aplikasi dari SMAN 10 Malang ada tujuh orang, Dayin Wijaya, Dea Santi Alqurwani , Dibyana Galih Prakasita, Ni Luh Mas Pramerasari, Kristina Linggam Puspaningtias, dan Annisa Mardianing Utami, dan saya. Dari Padang ada dua orang peserta dan dari Bandung ada satu peserta. Jadi, yang lolos tahap aplikasi semuanya ada 10 orang . Tapi yang bisa mengikuti program UWC Scholarship jalur beasiswa dari Indonesia cuma tiga orang ” jelas Ducha. Tujuh siswa SMAN 10 Malang tersebut berangkat ke Jakarta, tepatnya di Gedung Sarinah untuk mengikuti seleksi tahap dua pada hari Kamis lalu, 27 Februari 2014. Seleksi tahap dua tersebut diadakan pada hari Sabtu pukul 07.30 sampai 17.30 dan hari Minggu pukul 07.30 sampai 14.30, pada hari Minggu juga diadakan kegiatan sosial di salah satu panti asuhan di Jakarta. Mereka kembali ke Malang hari Minggu pukul 18.00 dan tiba pada hari Senin pukul 09.30.

“ Saya ngrasa ketir-ketir nunggu pengumuman peserta yang lolos tahap dua ini ” ujar Ducha. Sampai saat ini tujuh orang siswa SMAN 10 Malang tersebut masih menunggu pengumuman peserta yang lolos tahap dua.(ind)

Seleksi UWC
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>