DISCOVERY 2014: Juara 1 Adu Ide di Panggung UNEJ

Kemajuan teknologi juga senantiasa menuntut kemajuan cara pikir dibarengi dengan inovasi. Untuk itulah final ajang pencarian ide aplikasi dan prototype perangkat lunak digelar Sabtu kemarin (03/04) di Pusat Kegiatan Mahasiswa, Universitas Negeri Jember (UNEJ). Kompetisi yang berjudul DISCOVERY 2014 (Discover Your Creativity) ini terdiri atas lomba ide aplikasi bagi siswa SMA/SMK se-Jawa Timur dan prototype perangkat lunak bagi mahasiswa se-Indonesia ini diikuti masing-masing 7 tim terpilih dari babak semifinal sebelumnya melalui jalur online tingkat SMA dan mahasiswa. Salah satunya adalah tim LIGHTHOUSE SMA Negeri 10 Malang: Syahrul Findi Ardiansyah (XI IPA 5), Luqmana Rusydy Kemashadi (X IPA 5), dan Anif Faricha Mantika (X IPS 4).

1

Di panggung inilah dengan mengusung kategori sosial-budaya, tim LIGHTHOUSE mengajukan ide aplikasi dengan judul: NAVICATION sebagai Pengontrol Kegiatan Harian dan Pendeteksi Gejala Perilaku Menyimpang Negatif Anak Sejak Dini, ketiganya berhasil menyisihkan keenam tim lainnya yang berasal dari Gresik, Ponorogo, Magetan, Mojokerto, dan Bangil. Dalam kompetisi ini, UNEJ berkolaborasi dengan Google Developer Group (GDG) Surabaya. Di sinilah letak keunikan dari kompetisi ini. Selain acara final kompetisi DISCOVERY 2014, ada juga seminar dari GDG Surabaya yang disampaikan oleh Co-Manager GDG Surabaya, Indra Maryati. Peserta seminar GDG dan final DISCOVERY 2014 mendapat kesempatan untuk mengetahui berbagai kegiatan yang telah dilakukan GDG Surabaya selama 6 bulan terakhir dan mencoba MIT App Inventor dari GDG. Di penghujung seminar, Kak Indra membagikan hadiah berupa limited edition boneka android. Acara seminar dan final DISCOVERY 2014 dilaksanakan dalam satu ruangan, sehingga masing-masing peserta SMA maupun mahasiswa mendapatkan materi yang sama serta mendengarkan presentasi yang sama.

2

Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore ini membawa cerita yang berkesan bagi ketiganya. Selain membawa pulang kemenangan bagi SMAN 10 Malang, mereka dapat berkenalan dengan banyak siswa dan mahasiswa kreatif dari berbagai sekolah dan universitas, Syahrul, Luqmana, dan Faricha, juga mendapat berbagai ilmu baru dari SMA lain dan sharing aplikasi dengan para mahasiswa (ITB, Polinema, TEDC Bandung dan lain-lain). (ich)

DISCOVERY 2014: Juara 1 Adu Ide Aplikasi Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>