NEWS READING CONTEST 2013

BE A PROFESSIONAL NEWS READER

Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 1 dan 2 Juni 2013 UKM IPRI mengadakan NRC (News Reading Competition) 2013. Perwakilan dari SMA N 10 Malang Sampoerna Academy adalah Muhammad Bahrul Latif kelas XI IPA 7 dan Aqila Nur Rahmalia Kelas X-10. NRC di awali dengan opening ceremony yang dilaksanakan di Gedung D4 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, kemudian dilanjutkan dengan lomba baca berita tingkat Provinsi Jawa Timur.

News-Reading-Contest-UM

Lomba ini dikuti oleh siswa SMA atau sederajat serta mahasiswa yang berumur 16-25 tahun. Sekitar 170 peserta mengikuti lomba ini. Lomba ini dimulai dengan babak penyisihan, peserta di bagi menjadi 3 ruang seperti ruangan audisi, 50 peserta di Ruang A dan 50 peserta di Ruang B dan peserta lainnya di Ruang C. Satu persatu peserta masuk ke ruangan lomba dengan masing – masing dua juri di dalamnya. Peserta membacakan berita yang sudah dipersiapkan sebelumnya di rumah untuk dibacakan pada saat lomba dengan durasi 3 menit per performance. Jurinya berasal dari presenter berita salah satu stasiun TV di Malang serta dosen UM.

Setelah semua peserta tampil sekitar pikul 11.30 acara dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah Ishoma acara kembali dilanjutkan dengan pengumuman babak penyisihan untuk diambil sepertiga dari jumlah peserta. Semua perwakilan SMAN 10 Malang masuk dalam 60 besar sehingga bisa melanjutkan ke babak perempat final keesokan harinya untuk diambil 30 besar. Untuk babak perempat final, peserta diberi lima artikel untuk dipelajari dan akan diundi untuk mendapat satu artikel yang akan di baca. Setelah babak perempat final selesai saatnya untuk diumumkan. Sayangnya, Muhammad bahrul Latif tidak dapat melanjutkan ke babak semifinal sedangkan Aqila Nur Rahmalia dapat maju ke babak selanjutnya.

Untuk babak semifinal Aqila dipasangkan dengan peserta yang lain untuk membacakan berita. Sebelum naik ke panggung ditayangkan video berita yang nantinya akan diolah kembali oleh peserta dan dibacakan di depan audience selama 3 menit. Untuk babak semifinal ini akan diambil 10 peserta yang akan menuju grandfinal.

Peserta-News-Reading-Contest-UM

Setelah semua semifinalis tampil acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize sekaligus mengumumkan hasil untuk mengikuti babak grandfinal untuk di ambil 3 besar juara.  Namun Aqila tidak bisa melanjutkan langkahnya menuju grandfinal, karena  hampir semua semifinalis adalah  penyiar radio profesional dan peresenter televisi, mungkin hanya 3 atau 4 semifinalis yang dari SMA

Setelah diumumkan hasil semifinal dilanjutkan dengan grandfinal, 10 peserta grandfinal mengambil undian teks berita untuk dipelajari selama 2 menit dan  langsung tampil untuk membacakan beritanya. Sebelum pengumuman dimulai kami pulang terlebih dahulu karena sudah terlalu sore. Dan akhirnya kami pulang dengan hanya membawa sertifikat peserta dan semifinalis tanpa menyandang gelar the winner di ajang NRC tahun ini. Kami akan terus berjuang untuk menjadi yang terbaik. (bahrullatif)

News Reading Competition UM 2013
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>