Merajut Kebersamaan Dengan Latgab

Berlatih keras merupakan salah satu komponen terpenting sebagai seorang PRAMUKA, tak terkecuali para PRAMUKA APRADASA (Arek Pramuka SMANDASA). Salah satu bentuk latihan yang mulai rutin dilakukan oleh APRADASA adalah latihan gabungan, atau biasa disebut dengan Latgab. Latgab menjadi pilihan karena dapat melatih kemampuan dan menjalin komunikasi yang baik dengan anggota PRAMUKA dari sekolah lain. Minggu (17/02) kemarin merupakan latgab yang pertama dilaksanakan oleh APRADASA, kegiatan tersebut dihelat di Pusdikacab Sawojajar.

Apel-Pembukaan-Latgab

Latgab dimulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB, diikuti oleh dua gudep (gugus depan) yaitu SMAN 10 Malang dan SMKN 11 Malang di bawah binaan Kak Supri. Meskipun pada awalnya tidak saling mengenal, namun karena sifat para peserta yang terbuka dan ramah akhirnya terjalin rasa kebersamaan. Hal tersebut berawal dari instruksi Pembina yang meminta peserta dari SMAN 10 Malang dan SMKN 11 Malang bercampur dalam satu kelompok untuk merancang games yang akan dimainkan pada latgab kali ini.

Games-Edukasi

Setelah terbentuk lima kelompok dengan masing-masing kelompok merupakan campuran antara SMAN 10 Malang dan SMKN 11 Malang, setiap kelompok diwajibkan membuat satu game yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kebersamaan dan kerja sama tumbuh dan makin erat terutama saat game-game yang telah dibuat dimainkan. Tertawa bersama, kelelahan bersama, dan semuanya dijalani bersama.

Arek-Pramuka-SMANDASA

Latgab pun berakhir pada pukul 11.00 WIB, waktu terasa berlalu dengan sangat cepat saat itu. Seusai penutupan para peserta berfoto bersama dan saling mengucapkan perpisahan, terlihat dengan sangat jelas bahwa mereka telah membangun komunikasi dengan baik. Latgab akan dilaksanakan kembali pada bulan berikutnya, dan untuk itu APRADASA mulai mempersiapkan program kerja untuk latgab-latgab yang akan datang. Terus berjuang, APRADASA!. (tte)

Latgab Penegak Kota Malang 2013
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>