LAUNCHING “ SEKOLAH SOBAT BUMI”

DI JAKARTA TANGGAL 17 – 18 0KTOBER 2012

Sekolah Sobat Bumi adalah program pendidikan bermuatan pembangunan berkelanjutan dari Pertamina Foundation yang bertujuan mendorong sekolah di Indonesia agar mempraktekkan standar mutu terbaik.

Sekolah-Sobat-Bumi-Pertamina-Foundation

Untuk mencapai tujuannya, 17 Sekolah Sobat Bumi Champions Pertamina Foundation yang tersebar di 8 propinsi tersebut wajib menjalankan empat pilar utama untuk mengembangkan mutu sekolah, yaitu :

  1. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik melalui Program Highly Effective Leadership. Pelatihan ini akan segera dilaksanakan pada tanggal 20, 21 dan 22 November 2012 sesuai jadwal dari Tim Dunamis dan akan diikuti oleh 10 sekolah binaan SSB Champion masing masin 2 orang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah dan 1 orang Penanggung Jawab. Ditambah 2 orang sari sekolah champion, Kepala Dinas dan Kepala BLH

  2. Tata Sekolah yang transparan melalui Good School Governance.

Kegiatan ini akan dimulai pada bulan januari 2013 di setiap minggu ke 2 dan minggu ke 4 selama 4 hari.Peserta terdiri dari 3 orang setiap sekolah binaan meliputi bendahara, wakasek dan atau penanggung jawab ISO. Dari sekolah champion ada asisten trainer sebanyak 4 orang.

 3. Menata kurikulum sekolah melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dalam konteks lingkungan hidup ( Education for Suistainable Development )

Program ini akan diikuti oleh 5 orang guru setiap sekolah binaan, 1 orang pengawas sekolah dan 1 orang kepala seksi kurikulum dari dinas pendidikan dan 1 orang dari BLH. Pelatihan direncanakan akan dilaksanakan selama 4 hari

 4. Menjalankan proyek ramah lingkungan di sekolah dan SMA Negeri 10 Malang mendapatkan Project Ecotransportation. Untuk mewujudkan proyek ini maka SSB Champion SMA Negeri 10 Malang akan di bantu sepenuhnya dari laboratorium transportasi Universitas Indonesia

 Adapun Sekolah Binaan dari SSB Champion SMA Negeri 10 Malang adalah :

Kepala-Sekolah-Sobat-Bumi

  1. SD Pandanwangi 1 Malang

  2. SD Purwantoro 1 Malang

  3. SD Lesanpuro 4 Malang

  4. SMP Negeri 3 Malang

  5. SMP Negeri 5 Malang

  6. SMP Negeri 10 Malang

  7. SMA Negeri 7 Malang

  8. SMA Negeri 9 Malang

  9. SMK Negeri 2 Malang

  10. SMK Negeri 4 Malang

Semoga dengan adanya Sekolah Sobat Bumi Champion ini dapat menjadikan Indonesia semakin meningkatkan pelestarian lingkungan hidup demi kelangsungan hidup anak cucu Bangsa Indonesia kelak dikemudian hari (Djoeni Hendarti)

Launching Sekolah Sobat Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *