Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah Olimpiade Ilmu Pengetahuan yang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. OSN merupakan kompetisi resmi selain O2SN (Olahraga) dan FLS2N (Festival dan Seni) yang menjadi ajang tahunan Dinas Pendidikan. OSN SMA dibagi menjadi 9 mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer Informatika, Kebumian, Ekonomi, Geografi, dan Astronomi. Olimpiade Sains Nasional merupakan kompitisi paling bergengsi di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Setiap pemenang di Olimpiade Sains Nasional ini akan masuk Tim Olimpiade Indonesia berdasar bidang yang mereka ikuti yang akan mendapatkan pelatihan nasional untuk persiapan Olimpiade Sains Tingkat Internasional. Sebagai contoh pemenang OSN Informatika akan masuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) dan akan mendapat pelatnas dari TOKI kemudian dipersiapkan untuk mengikuti International Olympiads of Informatics (IOI) mewakili Indonesia.

osn1

SMA Negeri 10 Malang (Tegar Satria Nurhuda kelas XII IPA) berhasil menembus Olimpiade Sains Nasional 2014 bidang Komputer Informatika. OSN 2014 diselenggarakan di Mataram – Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 1 – 7 September 2014. Sebelum beradu di tingkat Nasional, finalis dari Jawa Timur mendapat karantina sekitar 2 minggu untuk persiapan intensif mengahadapi OSN 2014 di Mataram. Karantina tahap 1 pada tanggal 19 – 23 Agustus 2014 di Hotel Utami, Sidoarjo, dan tahap 2 pada tanggal 28 – 31 Agustus 2014 di Hotel Green SA Inn, Sidoarjo. Setelah karantina pembinaan intensif, finalis OSN Jawa Timur diberangkatkan ke Mataram bersama dengan pembina dan pendamping dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 1 September 2014.

osn2

Hari pertama, Senin 1 September 2014 berupa check in peserta dan ramah tamah. Kemudian esoknya acara pembukaan dan technical meeting untuk masing masing bidang lomba. TM ini berupa simulasi OSN yang di dampingi dewan juri. Hari ketiga dan keempat adalah pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional tes 1 dan tes 2. OSN Komputer dilaksanakan di 3 ruangan Hotel Lombok Raya Mataram. Untuk bidang komputer terbagi menjadi dua tes, satu tes dilaksanakan sehari dengan durasi lima jam. Satu tes sebanyak 4 soal dengan setiap soal memiliki 5 subsoal yang mempunyai tingkat kesulitan dan poin yang berbeda. Akumulasi poin secara langsung ditampilkan pada scoreboard selama 4 jam pertama tes berlangsung perhari. OSN Komputer menggunakan fasilitas tokilearning dan dilaksanakan menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi sama. Soal OSN Komputer dibuat oleh Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Dewan juri berasal dari Dosen TOKI yang berasal dari STEI ITB, Fasilkom UI, IPB, UGM, dan Informatika ITS. Setelah tes hari kedua dilaksanakan open house TOKI untuk semua peserta OSN Komputer 2014. Di acara tersebut kami dijelaskan tentang seluk beluk TOKI dan prestasinya. Di pagi hari kelima dilaksanakan pendidikan karakter bagi semua peserta dengan pembicara Dosen FTSL ITB. Kemudian disore hari adalah rekreasi di sekitar pulau Lombok, yaitu ke Taman Narmada dan Pantai Senggigi. Di hari ke enam, sorenya dilaksanakan penutupan dan pengumuman pemenang OSN 2014. Dan esoknya pulang ke daerah masing masing.

Sebelum Olimpiade Sains Nasional dilakukan, terdapat seleksi per daerah yang dibagi menjadi tahap Sekolah, OSN tk. Kab/Kota (OSK), dan OSN tk. Provinsi (OSP). OSN 2014 ini diikuti oleh 845 siswa SMA/MA negeri maupun swasta. Setiap kategori rata rata peserta sebanyak 95 siswa dan diambil 30 pemenang dengan rincian 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu. Saya berharap tahun depan SMAN 10 Malang dapat berprestasi di OSN, Aamiin. (Oleh: Tegar).

Berbagi cerita dari perjalanan OSN bidang Komputer di Mataram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>