5 days for Mobile Programming Training – SmartLab

Bertempat di Laboratorium SMAN 10 Malang Kampus 2 Tlogowaru, siswa-siswi dari tuan rumah, SMAN 1 Batu, SMAN 2 Batu dan SMKN Batu berkumpul untuk mengikuti 5 hari kegiatan andromedia. Melalui workshop ini peserta diajarkan cara membuat aplikasi Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java oleh seorang Tentor dari jakarta selatan yaitu Bp. D. Shaka. S. Kegiatan ini bisa terlaksana karena didukung oleh USAID-SmartLab dan SMAN 10 Malang.

Acara berlangsung mulai hari Senin, 31 Agustus 2015 hingga 4 September 2015. Pada hari pertama setelah pembukaan dan perkenalan, peserta mulai dikenalkan tentang algoritma dan logika. Karena semua peserta adalah baru dan belum pernah mengikuti kegiatan serupa, maka semua antusias untuk belajar dari sesi ke sesi. Kemudian acara selanjutnya adalah instalasi program untuk membuat aplikasi di android yaitu eclipse. Hari selanjutnya para peserta dikenalkan dengan konsep bahasa pemrograman, membuat Layout dan Activity. Hari ketiga berlanjut dengan pembuatan contoh aplikasi dan membuat bundle .apk kemudian beberapa siswa yang membawa handphone jenis Android bisa langsung di install di handphone mereka.

andro2015

Gambar 1. Contoh hasil karya aplikasi oleh siswa

Pada hari ke-empat para peserta diminta untuk membentuk tim, merencanakan pembuatan aplikasi android yang akan dibuat oleh mereka. 1 tim boleh terdiri dari 2 atau 3 siswa. Dan pada hari terakhir masing-masing tim diminta untuk mempresentasikan hasil karya mereka di depan tentor, para guru dan tim lainnya. Salah satu tim bernama Ejjeberd Skype yang terdiri dari Farah Aurellia dan Anastasya Savira, merencanakan untuk membuat aplikasi camera yang bernama “RAFCAM” aplikasi yang kami buat adalah aplikasi yang berbasis capture, filter, dan flash (splash). Perbedaan kamera ini dari kamera kamera yang lain adalah splash nya dari aplikasi ini tidak perlu menggunakan flash yang menyala langsung disertai lampu tetapi dari aplikasi tersebut telah ada flash otomatis.

Tim yang lain terdiri dari Ian Reyhan dan Iqbal Akbar Prabowo membuat aplikasi bernama “Math Slide”. Aplikasi ini berjalan berbasis permainan matematika, karena saat dijalankan sistem bisa menghitung setiap angka melalui operasi matematika yang sudah dimasukkan ke program. Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang sudah dipresentasikan oleh masing-masing tim. Diharapkan setelah selesai workshop ini para siswa mampu mengembangkan aplikasi yang bisa mendukung kegiatan pembelajaran ujar Bp. Ilan Asqolani selaku perwakilan dari SmartLab. (By: FA).

Mobile Programming Training – SmartLab
Tagged on:     

One thought on “Mobile Programming Training – SmartLab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>