Bertempat di Mini Hall gedung mercu, akhir bulan April 2016 kemarin dilaksanakan pelatihan untuk 3D printing. Kegiatan ini adalah dalam rangka menindak lanjuti kerjasama antara SMA Negeri 10 Malang dan SMARTLab di bidang pengembangan dan peralatan Lab. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi SMAN 10 Malang kelas X dan XI sebanyak 20 siswa dan 6 orang guru seni serta komputer. Sedangkan pemateri berasal dari SMARTLab Jakarta.

3d

Kebutuhan mencetak tak lagi sekadar di atas kertas. Kemajuan teknologi dapat mewujudkan apa yang ada di imajinasi kita ke dalam bentuk yang lebih nyata dan dapat dirasakan melalui sentuhan. Nah, tantangan itu coba dijawab dengan kehadiran printer 3D.

Printer 3D adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D yang tidak hanya dapat dilihat tapi juga dipegang dan memiliki volume. Pada pelatihan ini para peserta mencoba membuat benda 3D dengan menggunakan software 123D design.

3d1

Printer 3D ini bisa mencetak, modelling, prototipe /pemodelan, alat-alat peraga untuk pendidikan khususnya Lab, model perhiasan, desain produk, mainan anak-anak dan berbagai kebutuhan untuk mencetak bentuk dalam 3 dimensi. Para peserta kali ini mencoba membuat dadu dan gantungan kunci.

Cara kerja printer 3D hampir sama dengan mencetak di printer 2D namun hanya sisi desainnya yang berbeda. Cara kerjanya; setelah mendesain model kemudian dilakukan integrasi dengan printer. Proses mencetak pun dimulai, lamanya mencetak tergantung besar dan ukuran model, bisa sekitar 15-60 menit. Setelah dicetak, proses finishing pun dilakukan, dengan melihat hasil cetakan dari desain 3D robot yang sudah dibuat.

Pelatihan 3D printing untuk siswa dan guru
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>