uji cerdas

Lomba Uji Cerdas merupakan lomba yang rutin diadakan oleh pemerintah Kota Malang setiap tahun. Lomba uji cerdas tahun ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 April 2016 di Perpustakaan umum Kota Malang.

Tim yang berangkat mewakili SMAN 10 Malang yaitu M. Ridlo (XI MIA 5), Luthfiyah Khoirunnisa (XI IIS 2) dan Putri Repsol (X MIA Pola 6). Saat itu, siswa – siswi kelas 10 dan 11 sedang liburan dikarenakan kelas 12 masih menjalani Ujian Nasional. Tim baru diberi informasi oleh pihak sekolah untuk mewakili sekolah  pada Rabu siang, sontak tim kaget mendengar hal tersebut. Kamis pagi ( 7/4/16 ) tanpa persiapan yang matang tim berangkat menuju perlombaan.

Babak pertama merupakan babak penyisihan dengan mengerjakan soal pilihan ganda per tim. Melihat tim lain telah mempersiapkan diri dengan matang, tim dari SMAN 10 Malang sempat merasa minder. Setelah enam puluh menit mengerjakan soal, pukul 12.00 WIB hasil diumumkan.

Dari SMA/ SMK/ MAN se – Malang diambil 6 timterbaik untuk maju ke babak final. Hasil diumumkan mulai dari nomor terkecil ke yang lebih besar. Tim dari SMAN 10 Malang sudah hilang harapan untuk menjadi salah satu dari finalis tersebut, tetapi tanpa disangka tim dari SMAN 10 Malang menduduki peringkat 1 dalam daftar finalis lomba tersebut. Tentunya tim sangat senang dan mempersiapkan materi dengan matang untuk bertanding pada babak final.

Kamis (14/4/16) tim berangkat dari SMAN 10 Malang menuju Perpustakaan Umum pukul 07.00 WIB. Tim hampir saja telat karena terjebak macet. Babak final ini bukan lagi mengerjakan soal seperti babak penyisihan, tetapi presentasi resume yang telah dibuat oleh masing masing tim dan presentasi buku bacaan yang telah disediakan panitia.

Dalam presentasi yang dibawakann oleh tim dari SMAN 10 Malang tidak terdapat kendala dari segi materi, tetapi penyampaian presentasi yang terlalu cepat itulah yang menjadikan penilaian juri terhadap tim dari SMAN 10 Malang kurang maksimal. Di babak final ini tim dari SMAN 10 Malang meraih juara harapan 2, sedangkan juara 1 diraih oleh SMK Telkom. Kecewa sudah pasti dirasakan oleh tim dari SMAN 10 Malang mengingat posisi yang telah didapat saat babak penyisihan. Tetapi hal tersebut sudah menjadi keputusan dewan juri. Meskipun sedikit kecewa, tim dari SMAN 10 Malang tetap menerima dengan hati yang lapang dan akan mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk kompetisi selanjutnya.

SMAN 10 Malang Kembali Raih Juara Uji Cerdas Sejarah tingkat Malang Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>