Pembelajaran tak hanya sekedar materi di ruang kelas. Siswa-siswi SMAN 10 Malang membuktikannya, dengan kegiatan study tour. Sabtu (01/10/16) tepatnya pukul 05.00, siswa-siswi kelas XI-D3/MIPA 5 SMAN 10 Malang kampus 2, Tlogowaru didampingi 2 guru berangkat ke Ponorogo untuk mempelajari budaya “Grebek Suro” yang tiap tahun diadakan dalam rangka memperingati 1 Muharram. Study tour ini juga menjadi aspek pembelajaran dari materi bahasa jawa mengenai “Budaya Jawa”.

foto 1

Enam jam perjalanan menaiki bus pariwisata. Seluruh siswa dan pendamping menuju pasar Ponorogo untuk melihat “Festival Reog Ponorogo” di kiri jalan raya bersama lautan warga yang tak sabar menanti kirab. Puluhan delman yang dinaiki para petinggi di Kota Ponorogo, mengawali kirab “Festival Reog Ponorogo”. Diikuti puluhan mobil, sepeda motor, sepeda kayuh, pick up yang dinaiki putra-putri berbaju adat yang lewat di tengah-tengah kerumunan warga dari alun-alun Ponorogo.

Foto 2

Meski hujan deras, namun peserta kirab tetap tersenyum lebar sambil melambaikan tangan kepada warga dan penonton tetap semangat melihat kendaraan yang dimodifikasi menjadi merak, singa, gapura dan lain-lain. Setelah basah kuyub diguyur hujan ditengah kirab, seluruh siswa dan pendamping beristirahat di rumah salah seorang siswa. Pukul 00.30 kegiatan dilanjutkan menonton pagelaran wayang di Pendopo Balai Kecamatan, Ponorogo. Lakon wayang sangat lincah dimainkan sang dalang. Hawa dingin tengah malam menyelimuti kisah pewayangan yang gempar diiringi gamelan dan drum. Siswa-siswi bersama pendamping tetap menikmati pagelaran wayang yang berlangsung sampai pukul 04.00.

Foto 3

Siangnya, seluruh peserta dan pendamping pulang. Namun disempatkan berkunjung di Universitas Gontor Ponorogo untuk berfoto dan ziarah ke Makam Soekarno. Usai memanjatkan do’a untuk plokamator sekaligus Presiden pertama Indonesia itu, menyempatkan untuk mampir ke museum Bung Karno. Banyak informasi sejarah yang baru diketahui dari lembaran-lembaran berita, miniatur dan foto-foto kenangan di museum itu. Sebelum mengakhiri kunjungan, siswa-siswi berkeliling untuk membeli beberapa oleh-oleh, salah satunya dodol aneka rasa khas Blitar. Hari sudah sore, seluruh peserta kembali ke bus dan melanjutkna perjalanan ke Malang.

Foto 4

Pukul 17.50 sampai di asrama SMAN 10 Malang. setelah berpamitan dengan bapak ibu guru dan ibu dari salah seorang siswa yang turut mengikuti kegiatan, para siswa kembali ke gedung masing-masing. Perasaan bahagia dan puji syukur sangat mereka rasakan, karena telah banyak pengalaman dan informasi yang didapat selama study tour . (/hsd)

Grebek Suro di Kota Reog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>