Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2016

 

(25/11) Hari ini merupakan hari besar bagi pejuang bangsa Indonesia atau yang diistilahkan dengan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Bapak, Ibu guru sangat dihargai dan dihormati karena jerih payah dan ketulusannya mencerdaskan anak bangsa. Para pelajar memperingati Hari Guru ini sebagai ungkapan kasih dan rasa terimakasihnya pada Bapak Ibu guru yang telah ikhlas mengajari mereka. Tiap tahunnya, di berbagai sekolah di Indonesia memperingati Hari Guru dengan berbagai acara. Salah satu yang umum dilaksanakan adalah Upacara khusus peringatan Hari Guru.  Begitupun SMAN 10 Malang (Leadership Academy)  mengadakan Upacara Hari Guru dengan khidmat.

Upacara Hari Guru 2016

            Pagi hari yang cerah, seluruh siswa telah bersiap diri di lapangan hijau dengan seragam pramuka yang rapi. Beberapa guru berlagak tegap di tengah lapangan, seakan siap mengantar pasukan ke medang  perang. Guru lain, staff dan karyawan berjejer rapi di depan kelas menghadap peserta upacara. Pembawa acara oleh Bu Diyanita mengomando para pemimpin pasukan untuk menyiapkan barisan. Kelas XII dipimpin oleh Pak Tulus, kelas XI dipimpin oleh Pak Utomo, dan kelas X dipimpin Pak Zam Zam. Pemimpin Upacara memasuki lapangan. Dengan tegas, Pak Toni melangkah ke tengah lapangan. Tepatnya di tengah barisan peserta. Sedangkan Pembina Upacara yakni Pak Tri Suharno selaku Bapak Kepala SMAN 10 Malang telah berdiri di depan.

Upacara Memperingatan Hari Guru 2016

            Seluruh petugas upacara dilaksanakan oleh Bapak Ibu guru. Terkecuali, pengibar bendera dan paduan suara tetap dijalankan oleh siswa-siswi yang bertugas. Upacara bendera berjalan seperti biasanya. Namun, kali ini paduan suara mempersembahkan lagu “Hymne Guru” dan “Terimakasihku” diiringi alunan keyboard yang menghanyutkan hati.  Usai berharu pilu, acara dilanjutkan dengan penyerahan piala dari siswa yang meraih prestasi kepada Bapak Kepala SMAN 10 Malang, lalu foto bersama.  Selanjutnya, pengumuman sekaligus pemberian hadiah kepada kelas yang memperoleh nilai kedisiplinan dan ke-respect-an tertinggi, berdasarkan peniliaian guru selama satu semester ini. Kelas yang menang, spontan menghebohkan seantero lapangan.

Foto Bersama

            Acara dilanjutkan persembahan dari Rizqilla yang menyanyikan lagu “Pagiku Cerahku” bersama Bimatara yang lincah memainkan jari jemarinya pada keyboard. Terbawa suasana, seluruh siswa pun langsung ikut bernyanyi. Sambil mengalunkan lagu, anggota OSIS yang bertugas membagikan pin “Selamat Hari Guru” kepada Bapak Kepala Sekolah dan seluruh guru serta staff dan karyawan yang berjejer di depan kelas . Setelah itu, penyerahan penghargaan kepada karyawan SMAN 10 Malang berupa bingkisan.

Sampai di penghujung acara, sambil membubarkan barisan semua siswa meneriakkan dengan lantang “Learn Today, Lead Tomorrow, Be the Best !”. Sampai di kelas masing-masing, masing-masing kelas mengucapkan “Selamat Hari Guru!” pada guru yang masuk kelas. (hsd/)

Upacara kali ini berbeda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>