(19/7) Dalam rangka kegiatan awal semester di tahun pelajaran 2017-2018, SMAN 10 Malang bekerjasama dengan pihak Tentara Nasional Indonesia dalam hal ini AJENDAM Kota Malang melaksanakan Latihan Kedisiplinan bagi seluruh siswa kelas XI dan XII berjumlah 527 siswa.

Ibu Kepala SMAN 10 Malang beserta Tim Instruktur dan Bapak Ibu Guru SMAN 10 Malang

Kegiatan latihan kedisiplinan yang berlangsung selama 2 hari, hari Selasa dan Rabu, pada tanggal 18 dan 19 Juli 2017 setiap harinya dimulai pukul 07.00 hingga pukul 12.00 WIB. Hari pertama latihan kedisiplinan diawali dengan upacara pembukaan bertempat di lapangan utama AJENDAM oleh Ibu Dwi Lestari selaku Kepala SMAN 10 Malang. Para siswa didampingi oleh 10 orang guru dari SMAN 10 Malang setiap hari, sedangkan dari pihak AJENDAM mengerahkan 38 orang instruktur untuk melatih para siswa dengan tiga macam materi yakni materi PBB (Pelatihan Baris Berbaris), Kedisiplinan, dan Motivasi.

Latihan PBB Putra

Latihan kedisiplinan ini sangat penting bagi semua pelajar karena berguna untuk melatih dan meningkatkan disiplin siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah hingga lulus nanti. Bapak David, M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan anak lebih meningkatkan kesadarannya untuk disiplin bukan karena orang lain, disiplin adalah tuntutan diri sendiri bukan karena dituntut oleh orang lain, disiplin tidak identik dengan kekerasan, maka dari itu persepsinya harus diubah untuk bisa menjadi disiplin tidak selalu harus dengan kekerasan atau pembelajaran yang kaku.

Latihan PBB Putri

Tujuan jangka pendek pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dalam arti bahwa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah itu dibatasi oleh sekian banyak aturan atau tata tertib siswa, maka dari itu seluruh siswa harus bisa menyesuaikan atau beradaptasi dengan segala peraturan tersebut. Jika seluruh siswa didalam diri masing-masing sudah memiliki kesadaran untuk berlaku disiplin, maka otomatis kegiatan belajar mengajar di sekolah akan berjalan lancar dan tertib.

Penutupan Kegiatan Latihan Kedisiplinan SMAN 10 Malang

Sedangkan untuk tujuan jangka panjang adalah latihan kedisiplinan akan berdampak positif bagi para siswa dimanapun dia berada selalu mengikuti aturan karena di dalam dirinya sudah memiliki kesadaran untuk berdisiplin.

Latihan Kedisiplinan Satradhirsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>