(14/10) “Dengan Semangat Tahun Baru Hijriyah Kita Tingkatkan Ukhuwah Dan Kepedulian Sosial Antar Sesama” itulah tema pada Tahun Baru Hijiriyah kali ini yang diselenggarakan oleh 30 siswa yang tergabung dalam Badan Dakwah Islamiyah SMAN 10 Malang.

Penampilan Albanjari

Dihelat sejak pukul 07.30 dibuka oleh perform dari Albanjari BDI SMANDASA dengan persembahan beberapa lagu nuansa Islami, dilanjutkan dengan pembacaan Kitab Suci Al-Qur’an dan Sambutan dari Pak Rahmat selaku Pembina BDI SMAN 10 Malang, selain penampilan Albanjari, BDI juga mempersembahkan Nasyid lagu-lagu Islami untuk menambah semarak Gempita Muharram.

Tidak seperti biasanya di sesi ceramah mengundang ustadz atau kyai, yang berbeda kali adalah mahasiswa dari Jerman yang mengikuti program pertukaran mahasiswa antara Jerman dan Indonesia, saat ini sedang mengikuti perkuliahan di Universitas Negeri Malang. Dia bernama Kevin Mlynski, sebagai seorang mualaf, Kevin menceritakan pengalaman hidupnya selama masih tinggal di Jerman dengan berbagai tantangan dan perkembangan kehidupan muslim di Jerman. “Islam di Indonesia jauh lebih terbuka”, ujar Kevin.

Ceramah Kevin Mlynski

Sang mualaf ini dalam menyampaikan pengalaman hidupnya di depan seluruh siswa kelas X dan XI yang hadir menggunakan Bahasa Inggris, tetapi hal itu tidak menjadi kendala karena ada Ravananta Andana Putrandi, siswa kelas XI IPS I 3 yang memang fasih berbahasa Inggris begitu juga menterjemahkan Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia. Sharing pengalaman yang seperti ini bisa semakin meningkatkan motivasi anak-anak dalam belajar dan menekuni agama meski hanya 45 menit hingga 1 jam.

Rangkaian acara ditutup dengan pemilihan Putri Muslim dan pembagian santunan untuk anak yatim panti asuhan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama lebih-lebih kepada yang sangat membutuhkan, semoga agenda keagamaan ini semakin meningkatkan Ukhuwah Islamiyah.

Gempita Muharram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>