BAPER 3.0

20 Oktober 1999 – 20 Oktober 2017

 

(21/10) Tepatnya hari Jumat tanggal 20 Oktober 2017 SMA Negeri 10 Malang yang akrab dikenal dengan SMANDASA ini berusia 18 tahun sudah, usia menginjak dewasa. Meski terbilang sekolah yang masih muda, tetapi sudah banyak menorehkan banyak prestasi, baik tingkat Kota Malang, tingkat nasional, bahkan tingkat Internasional, prestasi yang diraih oleh siswa-siswanya hingga prestasi sekolahnya.

Foto 1 - Istighosah

Kini SMAN 10 Malang hanya memiliki 1 (satu) kampus saja yaitu di Jl. Danau Grati No. 1 Malang, dikarenakan sejak Januari awal tahun ini SMAN 10 Malang kampus 2 (sekolah berasrama) beralih status menjadi SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Meski demikian semangat SATRADHIRSA (Satvika Dhira Dhirot Saha) yang berarti Jujur – Teguh – Tekun – Rajin tetap dikibarkan oleh seluruh siswa, guru, karyawan, hingga para lulusan alumni SMAN 10 Malang sampai kapanpun.

Foto 2 - Lomba MC

Meneruskan tradisi dari Baper 1.0 hingga Baper 2.0 yang berarti “Bawa Perubahan” itulah tema yang diusung 3 tahun terakhir ini tiap kali SMANDASA merayakan hari jadinya, hari lahirnya SMAN 10 Malang tiap tanggal 20 Oktober.

Rangkaian kemeriahan HUT sekolah dimulai pada hari Jumat pagi dengan istighosah bersama dari pukul 06.30 sampai pukul 08.00 WIB, diikuti oleh seluruh warga sekolah yang beragama Islam, sedangkan siswa dan Bapak Ibu guru yang beragama selain Islam (Kristen, Katholik, dan Hindu) berkumpul di satu ruang untuk sama sama berdoa dengan dibimbing oleh Ibu Menik Sri Suyatmi.

Foto 3 - Tari

Istighosah akbar dengan dipimpin oleh Bapak H. Soegianto, salah satu guru Pendidikan Agama Islam yang paling senior memimpin memanjatkan doa untuk kesuksesan, keselamatan, dan kelancaran SMAN 10 Malang dalam berkiprah di dunia pendidikan.

Seusai berdoa bersama, kemeriahan HUT SATRADHIRSA berlanjut dengan lomba-lomba dalam rangka Bulan Bahasa, diisi dengan lomba MC, lomba Menyanyi Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Inggris, dari unsur Jawa terdapat lomba Geguritan. Peserta masing-masing lomba berasal dari perwakilan kelas dari kelas X hingga kelas XII. Para guru bahasa yang bertugas sebagai juri di semua ajang lomba Bulan Bahasa tersebut. Meskipun ada begitu banyak lomba dan peserta, hanya berlangsung pukul 11.30 saja dari babak penyisihan hingga babak final.

Foto 4 - Pembagian Hadiah Pemenang Lomba

Tidak berhenti pada hari Jumat saja, kemeriahan hari jadi sekolah berlanjut pada hari Sabtu, tanggal 21 Oktober 2017. Seluruh warga sekolah kompak mengenakan baju seragam sekolah mengikuti jalan sehat, start pukul 07.00 sambil dibagikan kupon doorprize jalan sehat, semua siswa, guru dan karyawan, tentunya Ibu Kepala Sekolah Dra. Dwi Lestari, MM sangat semangat mengelilingi Perumnas Sawojajar dengan rute yang sudah ditentukan oleh panitia siswa dari Pengurus OSIS/MPK. Tampak berjalan kaki mengular sepanjang kurang lebih 250 meter, meski santai namun bisa menyehatkan penuh dengan fun dan guyub rukun.

Foto 5 - Dance Kelas XII A 5

Tibalah di acara puncak HUT SMANDASA yakni gelar pentas seni di lapangan dalam sekolah, tampak banyak stan bazar yang berjualan guna memenuhi kebutuhan makan dan minum para siswa selama mengikuti acara dari pagi hingga sore hari nanti.

Dibuka dengan sambutan Ibu Kepala SMAN 10 Malang di atas panggung pentas seni diakhiri dengan pemotongan tumpeng nasi kuning yang diserahkan kepada Bapak Sunardi selaku Ketua Panitia HUT Sekolah, potongan tumpeng yang kedua diserahkan kepada perwakilan pengurus OSIS/MPK yang telah bersusah payah dan bekerja keras menyiapkan segala rangkaian acara HUT sekolah, mulai dari mencarikan dana sponsor dan donatur hingga pasca event.

Tim PPST

Sebagai penampil pertama dari Pemenang Soloist, Karawitan dan Tari Gambyong Pareanom, Ekskul Choir dengan membawakan dua buah lagu andalan mereka yang sudah dilatih selama beberapa hari sebelum acara puncak ini digelar, berturut-turut penampilan dari Modern Dance kelas XII A 5, Ekskul Band, Akustik, Fashion Show juga turut memberikan kemeriahan di 18 Tahun SMANDASA, sebagai perwakilan dari alumni yang baru saja lulus menyuguhkan 2 buah lagu dari grup Hexa Band. Tim PPST yang sudah seringkali mengikuti lomba dan tampil di tingkat nasional juga ikut menunjukkan kebolehannya dalam berseni tradisional. Alcont Band sebagai bintang tamu pertama yang membawakan lagunya Naif dengan judul Benci Untuk Mencintai dan beberapa buah lagu lainnya.

Foto 6 - Tari Kolosal

Unjuk talent dari Ekskul Modern Dance adalah satu satu bagian dari acara puncak pensi yang sangat ditunggu oleh semua siswa, tampil menggebrak lapangan selama 10 menit, riuhan tepuk tangan dan sorak sorak para penonton semakin menggugah semangat menuju puncak acara.

Foto 7 - Fashion Show

Setelah adzan Ashar berlanjut penampilan dari bintang tamu “WECAST” yang menggugah suasana romantis, meski peluh keringat tampak di wajah para penonton, tapi hal itu tidak menyurutkan seluruh penonton yang hadir mengikuti bernyanyi bersama lantunan lagu yang dibawakan “WECAST” diantaranya lagunya Payung Teduh – Akad.

Foto 8 - Modern Dance

Sesi puncak yang ditunggu-tunggu adalah penampilan dari EDM (Electronic Dance Music) ini adalah juga persembahan dari salah satu alumni yang barusan lulus. Tentunya lantunan beat music membuat jingkrak-jingkrak semuanya yang larut dalam hentakan musik EDM selama kurang lebih 1 jam lamanya. Perform EDM sekaligus menuntup rangkaian acara HUT sekolah dari hari Jumat hingga Sabtu sore, semoga HUT Sekolah di BAPER 4.0 tahun depan.

HUT SMANDASA ke-18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>