(13/11) Tepat pada hari Senin pagi di SMAN 10 Malang, sedang diadakannya simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk melatih kesiapan siswa-siswi kelas XII dalam menghadapi ujian nasional 2018. Simulasi ini sendiri berlangsung selama 3 hari dan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi I pukul 08.00-09.30, sesi II pada pukul 09.30-11.00, sesi III pada pukul 11.00-12.30.

Tampak Siswa Kelas XII Bersiap Mengikuti Simulasi UNBK di Depan Lab. Komputer

Dalam simulasi ini ada 6 mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan jurusan yang diambil. Salah satunya adalah Biologi untuk jurusan IPA,  Geografi untuk jurusan IPS, dan Bahasa Jepang untuk jurusan Bahasa.

“Sebenarnya menguntungkan, tapi ya gitu susah pastinya,” ujar Cantika, salah satu peserta simulasi UNBK. saat ditanya isu yang beredar tentang adanya esai di Ujian Nasional (UN). Menurutnya, adanya esai di ujian nasional membawa dampak yang besar bagi peserta. Ada dampak baik, juga ada dampak buruk. Dampak baiknya, apabila jawaban yang ditulis merupakan jawaban yang salah, maka itu masih mendapatkan nilai.

Ruang Lab. Komputer - Simulasi UNBK

Dampak buruknya, jika kita clueless, maka peserta tidak mendapatkan nilai apa-apa. Masih belum jelas tentang kebenaran isu tersebut, namun peserta tetap melaksanakan simulasi dengan lancar sembari menunggu kejelasan isu tersebut.

“Semoga lebih teliti dan punya strategi tentang manajemen waktu dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional”, pesan Pak Avo Guru TIK.

Simulasi UNBK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>