(25/11) Badan Dakwah Islamiyah SMAN 10 Malang menyelenggarakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H pada hari Sabtu tanggal 25 Nopember 2017 dengan menggelar khataman Al Qur’an dan Istighosah di lapangan sekolah dihadiri oleh seluruh siswa kelas X hingga kelas XII, tentunya turut serta hadir Ibu Kepala Sekolah Dra. Dwi Lestari, MM dan Bapak/Ibu guru.

Rangkaian acara peringatan Maulid Nabi SAW diawali dengan gelaran lomba Adzan yang diikuti oleh perwakilan siswa laki dari masing-masing kelas pada hari Rabu, 22 Nopember 2017 di ruang kelas belakang untuk babak penyisihan dan semifinal. Sedangkan final diselenggarakan pada hari Sabtu, seusai Khataman Al Qur’an dan Istighosah.

Khataman dan Istighosah

Sabtu pagi mulai pukul 07.00 WIB diawali dengan pembagian 30 juz oleh Pak Rahmad selaku Guru Pendidikan Agama Islam kepada seluruh siswa terutama anggota BDI (Badan Dakwah Islamiyah), teknis khataman Al Qur’anny adalah 1 juz dibaca atau diselesaikan oleh 3 siswa dengan pembagian 1 siswa harus mampu menyelesaikan membaca Al Qur’an sebanyak 3 lembar, dengan begitu khataman akan mampu diselesaikan hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit saja. Dilanjutkan dengan istighosah yang dipimpin oleh Bapak H. Soegianto.

Pelaksanaan Istighosah ini selain untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW juga dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2017 yang tepat jatuh pada hari Sabtu, 25 Nopember 2017 di hari yang sama pula. Tidak hanya itu acara ini juga persiapan jelang pelaksanaan PAS (Penialian Akhir Semester) yang akan dilaksanakan mulai hari Senin, 27 Nopember hingga 7 Desember 2017 bulan depan. Warga sekolah menggelar acara ini semata untuk memanjatkan do’a bersama kepada Allah SWT untuk keselamatan, kesehatan, ketentraman bersama, dan kelancaran dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester. Begitu juga dengan siswa yang Kristen dan Katholik dan Hindu melaksanakan ibadah sama sama memanjatkan do’a kepada Tuhan untuk kebaikan bersama.

Sambutan Ibu Kepala Sekolah

Selepas itu, Ibu Kepala Sekolah Dra. Dwi Lestari, MM menyampaikan sambutan yang menginginkan kegiatan Istighosah dan Khataman Al Qur’an agar terus dilaksanakan supaya membawa keberkahan untuk warga sekolah dan keberlangsungan SMAN 10 Malang. Acara dilanjutkan dengan penampilan Al Banjari dari perwakilan Badan Dakwah Islamiyah dengan membawakan beberapa lagu yang memang secara rutin mereka berlatih, lebih-lebih saat menjelang kegiatan keagamaan Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW disaksikan seluruh siswa kelas X dan XI, karena siswa yang kelas XII harus mengikuti Bimbingan Belajar yang rutin setiap hari Sabtu dilaksanakan untuk persiapan Ujian Nasional. Rangkaian acara Maulid Nabi diakhiri pada final lomba adzan di ruang kelas belakang yang dimenangkan oleh Ahmed Fanani Sudarto dari kelas XI MIPA 5 A 3.

Maulid Nabi Muhammad SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>