Pada hari Sabtu (09/12) terlihat hal yang cukup berbeda di halaman SMAN 10 Malang. Pasalnya, sedang diadakan Perkemahan Sabtu Minggu atau biasa disebut PERSAMI. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan XII dan berlokasi di SMAN 10 Malang. Acara yang diawali dengan upacara pembukaan ini ternyata menarik minat para peserta.

Foto 1

Begitu juga pada saat penyampaian materi dari pembina yang datang dari Pramuka Universitas Muhammadiyah Malang. Kalau biasanya penyampaian materi terasa membosankan, tapi tidak untuk kali ini. Hal ini disebabkan oleh berbagai candaan yang dilontarkan oleh pembina agar suasana menjadi ‘hidup’.

Foto 2

Demi memudahkan dalam penyampaian materi tersebut, panitia nyatanya sudah membagi peserta menjadi dua kelompok, yang pertama kelompok putra dan yang kedua kelompok putri. Setelah penyampaian materi tersebut, ternyata masih banyak kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah materi tentang cara memadamkan api dengan benar. Pada saat sesi putri melakukan simulasi tersebut, awalnya berlangsung meriah dikarenakan hal tersebut masih baru untuk mereka.

Foto 3

            Tidak hanya materi tentang Damkar (pemadaman kebakaran), seusai apel pembukaan oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Dwi Lestari, MM diawali dengan perform yel-yel masing kelompok yang dinamai nama-nama daerah atau nama suku di Indonesia. Materi tentang Etika Perilaku dan Etika Komunikasi juga diajarkan, tentunya tidak hanya materi secara teori yang diajarkan tetapi semuanya langsung berpraktik di lapangan, karena konsep Pendidikan Pramuka itu berbasis aplikatif, selepas siang hari, materi berikutnya adalah tentang leadership yang langsung dalam bentuk permainan kekompakan tim, permainan yang sangat menarik dan sangat menghibur, mereka melakukan dengan sangat riang gembira dipenuhi gelak tawa.

Foto 4

            Selepas adzan sholat Isya’, gelaran pentas seni dari masing-masing kelompok menunjukkan kebolehannya dalam beradu seni di depan api unggun hingga jelang tengah malam. Pagi hari seusai sholat Shubuh seluruh peserta Persami mengikuti senam pagi selama kurang lebih satu jam lamanya. Setelah sarapan pagi, semua peserta berkumpul kembali di lapangan untuk melaksanakan outbound berlomba-lomba untuk memperoleh skor kelompok yang terbanyak. Seru sekali karena masing-masing kelompok memberikan support dengan teriakan sekencang-kencangnya untuk perwakilan tim beradu dengan tim lawan.

Foto 5

            Sebelum apel penutupan, seluruh peserta wajib mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan kakak-kakak Pramuka panitia sebagai bentuk refleksi selama mengikuti Persami dan diakhiri dengan pesan dan kesan oleh perwakilan peserta tentang seluruh rangkaian kegiatan hingga koreksi untuk kakak-kakak Pramuka yang sudah menemani dari Sabtu pagi hingga Minggu siang.

Foto 8

Menurut Kak Lutfi, salah satu pembina pramuka UMM mengungkapkan bahwa diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peserta yang tidak begitu perhatian dan tidak memiliki tujuan serta motivasi tentang bagaimana kedepannya karena baginya generasi masa kini adalah generasi penerus bangsa yang harus menjadikan bangsa lebih baik dari sebelumnya.(nra)

Foto 7

Mengisi Akhir Pekan dengan Kepramukaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>