(31/1) Semua siswa kelas XII seusai hari terakhir Try Out 1 Ujian Nasional Tingkat Kota Malang,  mereka tidak mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya, akan tetapi mereka semua berkumpul di ruangan serbaguna untuk mendapatkan motivasi dari Kepala SMAN 10 Malang yang baru yakni Ibu Dr. Husnul Chotimah, M.Pd.

Foto 1

Pertemuan ini adalah kali pertama Ibu Husnul bertatap muka secara langsung dengan siswa kelas XII, tampak hadir pula seluruh Walikelas XII, Guru Bimbingan Konseling, Pak Nur Ali selaku Wakasek Kurikulum begitu juga dengan Pak David selaku Wakasek Kesiswaan.

Diawali dengan slide profil Ibu Husnul Chotimah sejak mengenyam bangku pendidikan hingga sekarang menjadi seorang Kepala Sekolah di SMAN 10 Malang. Pertemuan ini bernama “Program Sehati Bersama Kepala Sekolah” yang artinya bagaimana Kepala Sekolah bersinergi dengan seluruh siswa dan tentunya bersinergi dengan seluruh warga sekolah.

Foto 2

Ini dirasa sangat penting karena lebih-lebih kelas XII akan menempuh Ujian Nasional pada bulan April mendatang. Beliau selain memberikan cara belajar yang efektif juga menayangkan video profil tokoh besar dunia seperti pendiri “Aple” guna memberikan semangat kepada para siswa untuk berubah menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Sesekali Ibu Husnul memberikan kesempatan ke para siswa untuk bertanya tentang apapun itu yang berkaitan dengan belajar dan sekolah. Tentunya siapa yang bertanya dan siapa yang bisa menjawab pertanyaan dari Ibu Kepala Sekolah mendapat hadiah istimewa sebagai bentuk apresiasi Beliau kepada anak-anak.

Foto 3

Sesuai dengan nama pertemuan yakni “… Sehati …” Ibu Kepala Sekolah mengajak kepada seluruh siswa kelas XII untuk berkomitmen bersama akan satu hal yaitu kedisiplinan siswa karena itu modal dasar dalam membentuk karakter anak bangsa sebagai generasai milenial yang kini umum disebut-sebut dengan “Kids Jaman Now”. Jika berbicara tentang disiplin maka tidak terlepas dari “Reward & Punishment”yang kesemuanya itu akan kembali kepada diri masing-masing anak demi menyongsong masa depan yang lebih baik.

Foto 4

Ibu Husnul Chotimah mengutip pesan dari tokoh besar dunia yakni :

“Jika kamu lunak terhadap dirimu,

maka lingkungan akan keras terhadapmu,

Jika kamu keras terhadap dirimu,

Maka lingkungan akan lunak terhadapmu”.

… Imam Syafi’i …

Menjelang akhir pertemuan terbentuklah satgas terdiri dari 7 siswa yang bertanggungjawab demi kelancaran Sholat Jamaah Dzuhur di Masjid Manarul Islam. Tentunya ke tujuh anak tersebut mendapat hadiah dari Ibu Kepala Sekolah.

Selepas acara motivasi tersebut, beliau berfoto bersama dengan para siswa kelas XII sebagai wujud kebersamaan antara Kepala Sekolah bersama Siswa.(/red)

“Sehati Bersama Kepala Sekolah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>