(18/1) Kesuksesan pelaksanaan Satuan Kredit Semester atau yang lebih dikenal dengan SKS di SMAN 10 Malang salah satunya dengan dengan adanya kegiatan Visitasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dalam hal ini Bapak Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd yang ditugasi sebagai petugas Visitasi di SMAN 10 Malang. Beliau sehari-hari menjabat sebagai Kepala SMAN 2 Kota Blitar.

Visitasi ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan SKS di sekolah, unsur penilaian mulai dari Administrasi Pembelajaran, Kebijakan Sekolah, Pendamping Akademik, hingga praktik atau implementasi SKS di sekolah. Tidak hanya berhenti di situ saja unsur penilaiannya, dari pihak orang tua siswa dan bahkan Komite Sekolah juga turut diwawancarai oleh Pak Johan.

Visitasi SKS di SMAN 10 Malang

Tepat pukul 07.30 WIB di ruang Lab. Geografi acara dibuka oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Dwi Lestari, MM, Pak Johan mengawali dengan pemaparan proses Visitasi di SMAN 10 Malang dari Pembukaan hingga Penutupan. Kegiatan Visitasi oleh Pak Johan dimulai dari wawancara dan melihat secara langsung proses belajar mengajar di kelas. Satu kelas X MIPA dan satu kelas X IPS diambil sample tentang implementasi SKS (UKBM) dengan didampingi oleh Pak David, Pak Nur Ali dan Bu Ellen.

Visitasi SKS ini secara langsung tidak ada hubungannya dengan Akreditasi Sekolah maupuan standar penilaian sekolah lainnya. Ini adalah murni kontrol program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI. Kurang lebih lewat tengah hari, visitasi di SMAN 10 Malang sudah berakhir. Dalam acara penutupan, Pak Johan selaku petugas Visitasi menyampaikan bahwa hasil penilaian ini nantinya akan dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, apakah sekolah ini akan mendapatkan nilai A, B, atau bahkan C itu adalah kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi bukan wewenang petugas Visitasi.

Visitasi SKS di SMAN 10 Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>