(8/2) SMAN 10 Malang sebagai sekolah adiwiyata mandiri senantiasa berusaha konsisten menerapkan program adiwiyata, salah satunya dengan program penghijauan lingkungan sekolah yang diwujudkan dalam bentuk ujian praktik mata pelajaran Biologi kelas XII yang diasuh oleh Ibu Dra. Sri Ledjariati.

Foto 1

Ujian praktik Biologi tentang Keanekaragaman Hayati ini bagian dari tahapan para siswa kelas XII menuju proses kelulusannya dari sekolah ini. Penugasannya adalah dengan semua siswa kelas XII MIPA mengumpulkan berbagai macam tanaman hias yang telah ditentukan oleh Guru Penguji, tidak hanya sekedar mengumpulkan tanaman hias tetapi tugas individu siswa ini juga melakukan pengamatan, mengklasifikasi tanaman, mengetahui identitas ciri, dan untuk mengetahui identitas peranan dari berbagai macam tanaman tersebut.

Ke-10 macam tanaman tersebut adalah Adenium, Ageratus, Anthurium Merah, Anthurium Putih, Dahlia, Anggrek Catalea, Anggrek Bulan, Paku Sarang Burung, Paku Sumbat Menjangan, dan Paku Tanduk Rusa. Dari lima kelas XII MIPA nantinya akan terkumpul sebanyak 151 tanaman hias yang bisa menghijaukan sebagian lingkungan sekolah.

Foto 2

“Anak-anak antusias dalam mencari, menyiapkan, mengamati dan mengumpulkan tanaman yang telah ditentukan dengan baik”. Terang Bu Ledjar di sela-sela aktivitas mengajar di kelas. Tidak hanya berhenti di situ saja, lembar tugas dari anak-anak XII MIPA ini nantinya akan dibukukan dalam bentuk album yang berupa kamus atau ensiklopedia mini di dalamnya berisi foto dan manfaat dari tanaman hias tersebut.

Semangat Hijau Satradhirsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>