(10/2) Dalam rangka Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran, SMAN 10 Malang melaksanakan Pelatihan Pembelajaran Aktif yang dilatih langsung oleh Ibu Kepala Sekolah Dr. Husnul Chotimah, M.Pd. Pelatihan ini bertempat di aula sekolah dengan durasi kurang lebih selama 4 jam.

Foto 1

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu pemahaman guru terhadap pentingnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, selain itu untuk memberikan teknik pengelolaan kelas yang membuka peluang bagi peserta didik agar aktif belajar. Pelatihan tersebut juga bertujuan memberikan pengalaman dalam melaksanakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik.

Pelatihan Pembelajaran Aktif sangat bermanfaat bagi guru, diantaranya dapat memahami pentingnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Dapat memahami teknik pengeolahan kelas yang dapat mengaktifkan siswa di kelas. Serta mendapatkan pengalaman dalam melaksanakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik di kelas.

Foto 2

Sedangkan manfaat bagi siswa adalah mendapatkan model pembelajaran yang bervariasi, belajar dengan aktif dan menyenangkan, belajar penuh makna karena menjalani interaktif, komunikatif, dan reflektif dalam pembelajaran.

Ibu Husnul dalam pelatihan ini menggunakan teknik pemberian materi, tanya jawab, dan praktik secara langsung, dengan objek praktiknya adalah bapak/ibu guru peserta pelatihan yang seolah-olah sebagai peserta didik. Point penting dalam kegiatan ini adalah mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran.

Foto 3

Pada akhir pelatihan Ibu Kepala Sekolah yang juga selaku pemateri berpesan kepada setiap guru diharuskan mengimplementasikan hasil pelatihan ini dalam pembelajaran kepada peserta didik. Tidak hanya berhenti di saat pelatihan saja, nantinya sebagai upaya tindak lanjutnya maka Kepala Sekolah akan mengunjungi kelas-kelas pembelajaran untuk melihat keterlaksanaan belajar aktif peserta didik.

Pelatihan Pembelajaran Aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>