Hari Jum’at (23/02) ada yang membuat para guru sangat antusias datang menuju Laboratorium Fisika SMAN 10 Malang. Di tempat tersebut para guru bergantian mencoba pakaian khas negara Jepang atau yang disebut juga dengan Yukata dalam rangka pengenalan budaya Jepang. Yukata sendiri adalah pakaian khas Jepang yang biasa digunakan masyarakat di negara tersebut ketika musim panas.

Belajar Memakai Yukata

Antusias para guru sangat terlihat. Dengan semangat, para guru mencoba mengenakan pakaian Yukata yang disediakan oleh SMAN 10 Malang dan Japan Foundation. Manami Sensei selaku Guru pendatang dari Jepang memberikan contoh bagaimana cara menggunakan Yukata, dan Dhevi Sensei yang juga Guru Bahasa Jepang SMAN 10 Malang ikut membantu para guru dalam menggunakan pakaian khas Negeri Sakura itu. Mengenakan baju tersebut bukanlah hal yang mudah, karena ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Dimulai dari cara mengenakan baju dan cara mengikat tali yang berada di pinggang atau yang disebut juga Obi. Acara tersebut dimulai pada pukul 11.00 hingga 11.30 WIB.

Foto Bersama

Banyak respon positif yang diberikan dari para guru seusai kegiatan tersebut. “Senang sekali karena ini bukan baju nasional kita, ini adalah baju nasional negara lain” ujar Ibu Anis, Guru Bahasa Inggris di SMAN 10 Malang. “Unik, ini budaya asing dan ini juga termasuk budaya ketimuran, untuk ibu-ibu bagus karena baju ini tidak terlalu terbuka” ujar Ibu Asna usai mengenakan Yukata. Setelah menggunakan Yukata para guru berfoto bersama sebagai kenang-kenangan mereka dalam mengenakan pakaian Yukata. (aka)

Mengenal “Yukata” Baju Budaya Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>