Pada hari Kamis, (21/02) ada yang berbeda pada saat jam pelajaran Bahasa Jepang. Jika biasanya para siswa akan duduk di kelas sembari menulis huruf-huruf Jepang, namun kali ini suasana tampak lebih menarik. Materi Bahasa Jepang kali ini tentang pengenalan budaya Jepang yaitu pakaian tradisionalnya yangt bernama Yukata. Yukata sendiri adalah pakaian tradisional Jepang yang akan dipakai pada saat musim panas dan juga pada perayaan festival yang lebih dikenal dengan nama Bunkasai.

Belajar Yukata

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini diantaranya siswa kelas X Bahasa dan kelas XI, karena mereka mendapatkan materi pelajaran Bahasa Jepang. Sedangkan di kelas lain mendapatkan materi Bahasa Mandarin dan juga Bahasa Jerman. Kegiatan ini diadakan di Ruang Serbaguna SMAN 10 Malang. Pada awal pembelajaran, Manami Sensei selaku Guru Native yang berasal dari Jepang menjelaskan tentang bagaimana cara memakai Yukata. Setelah selesai menjelaskan, para siswa diminta untuk mencoba memakai Yukata satu persatu.

Belajar Bersama

“Rasanya asik aja gitu, kan juga baru pertama kali pakai Yukata,” ujar Shelya, siswi kelas X Bahasa. Baginya, meskipun terlihat mudah dan simpel, tetapi nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Jika salah pada saat memakai Yukata ini, juga menimbulkan arti yang berbeda. Sebagai contoh jika memasukkan pada lengan yang sisi kiri dahulu lalu dilanjutkan sisi kanan itu berarti sama saja memakai Yukata pada saat menghadiri upacara kematian. Sehingga para siswa lebih hati-hati saat mencoba memakainya.

Yukata

Setelah selesai belajar mengenakan Yukata, para siswa berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Meskipun cara memakainya tidak mudah, tetapi hal ini tentunya akan sangat berkesan bagi siswa dan lebih mengenal budaya Jepang. Wawasan mereka tentang budaya Jepang juga pastinya akan bertambah luas.(nra)

Pengenalan Siswa Terhadap Budaya Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>