Sampah adalah masalah serius pada era global warming yang semakin genting. Banyak orang-orang yang kurang mempedulikan sampah, sehingga budaya membuang sampah pada tempatnya mulai ditinggalkan secara perlahan. Dampak yang disebabkan oleh sampah pun tidak main-main dan dapat menyebabkan korban jiwa, contohnya banjir besar yang sering terjadi pada musim hujan. Maka dari itu, budaya membuang sampah pada tempatnya harus diterapkan kembali agar tidak memperparah kondisi lingkungan kita yang sudah rusak.

Sampah

Membuang sampah pun juga harus diperhatikan sesuai golongannya. Banyak organisasi pemerhati lingkungan yang melakukan penyuluhan agar masyarakat dapat meningkatkan awareness mereka terhadap penggolongan jenis sampah. “Penggolongan sampah itu perlu, karena sampah-sampah itu bisa digunakan lagi,” ujar Auliyaur Rohman, X MIPA 4 ketika ditanyai pada Rabu sore (28/3). Keuntungan dari memisahkan sampah sesuai golongannya juga bermacam-macam. Contohnya, sampah kering dapat didaur ulang menjadi barang baru seperti souvenir bahkan kertas, dan sampah basah dapat didaur ulang menjadi pupuk untuk kepentingan pertanian. (tiy)

Jurnalis : Aliffathi Pratia Catalysta

Fotografer : Dhania Tami Wijaya

Penggolongan Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>