Kamis (26/04) SMA Negeri 10 Malang mengadakan Apresiasi Seni Satradhirsa (ASS) atau biasa disebut Pagelaran Seni. Apresiasi Seni Satradhirsa diadakan pada tanggal 26 April – 28 April 2018 selama 3 hari yaitu Kamis, Jum’at, dan Sabtu yang diadakan di Aula Universitas Negeri Malang Gedung 2 (PGSD). Pada hari pertama acara Apresiasi Seni Satradhirsa diadakan empat lomba tingkat SMP/MTs sederajat yaitu Lomba Menggambar, Tari Kreasi, Vokal, dan Patrol.

Foto 1

            Sebelum memulai kegiatan Apresiasi Seni Satradhirsa, kegiatan diawali dengan sambutan dari Bapak David selaku waka kesiswaan SMA Negeri 10 Malang dan dilanjutkan dengan melihat profil sekolah SMA Negeri 10 Malang. Setelah itu, ada penampilan khusus dari perwakilan ekskul tari SMA Negeri 10 Malang yaitu Aisyah dari kelas 10, yang membawakan Tari Topeng Malangan.

Foto 2

            Setelah pembukaan selesai acara dilanjutkan dengan lomba Patrol yang diikuti oleh 2 Tim, lomba Vokal yang diikuti oleh 6 peserta, lomba Tari Kreasi yang diikuti oleh 11 peserta, dan lomba Menggambar yang diikuti oleh 5 peserta. Setelah semua lomba selesai, kegiatan hari pertama diakhiri dengan pengumuman pemenang sekaligus penutupan acara.

Foto 3

            Pelaksanaan Apresiasi Seni Satradhirsa (ASS) pada hari kedua (27/2) tetap berjalan meriah. Jika kemarin hanya berisikan lomba-lomba untuk siswa SMP/MTs sederajat, namun jika hari ini dan besok ASS akan menampilkan penampilan dari kelas X dan juga kelas XI. Diawali kelas X MIPA 5 dan diakhiri dengan penampilan kelas XI MIPA E. Mereka menampilkan sebuah karya yang begitu unik dan mampu membuat para penonton terhibur.

Foto 4

            “Kita latihan sekitar 1 bulan gitu, tapi yang bener-bener serius baru 1 minggu sebelum acara,” ujar Reynold, salah satu siswa yang mengisi acara ASS. Baginya hal tersulit saat menyiapkan penampilan ini adalah sewaktu menentukan tema apa yang akan dibawakan, karena adanya perbedaaan pendapat antar anggota. Namun, hal itu tidak sia-sia karena ia mampu menampilkan penampilan terbaik dan terbukti dengan tepuk tangan yang meriah dari para penonton. “Awalnya emang grogi, tapi kalo udah tampil ya lega gitu,” tambahnya. Demam panggung adalah hal yang lumrah bagi kebanyakan orang, tapi ia sangat bangga dapat turut serta dalam  memeriahkan Apresiasi Seni Satradhirsa.

Foto 5

                Sabtu ini (28/04) adalah hari terakhir dari kegiatan Apresiasi Seni Satradhirsa (ASS) tahun 2018. ASS sendiri adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh SMA Negeri 10 Malang dalam rangka mengapresiasi karya seni milik siswa-siswinya. ASS tidak hanya berupa pameran karya seni lukis, kerajinan membatik maupun seni foto, namun ada juga berbagai penampilan seni musik dari antarkelas X dan pertunjukan drama tradisional yang ditampilkan oleh antarkelas XI. Selain itu, di luar aula UM kelas X membuka berbagai macam bazar makanan dan minuman. Bazar diadakan guna menambah kreatifitas dan kekompakan antarkelas.

Foto 6

    Banyak pesan dan kesan positif selama adanya kegiatan ASS. “Dengan adanya kegiatan ini (ASS), kita bisa belajar untuk melestarikan budaya bangsa, salah satu contohnya dengan tetap menyanyikan lagu nasional maupun daerah,”  kata Rasya Surya, salah satu siswa kelas X pengisi seni musik di kegiatan ASS. “Menarik. Selain menghibur, kita jadi dapat banyak wawasan tentang seni dan budaya Indonesia di sini,” ujar Dhenta Bagus, siswa kelas XII SMA Negeri 10 Malang yang datang menjadi pengunjung. Terus lestarikan seni dan budaya, semangat Satradhirsa!.(aka/gep/nra)

Memperkenalkan Budaya Bersama Satradhirsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>