(7/7) Sudah menjadi acara rutin dan budaya di Indonesia, seusai Sholat Idul Fitri ummat muslim Indonesia melaksanakan Halal Bihalal untuk menguatkan tali silaturrahim dan ukhuwah kebangsaan di negeri ini. Halal Bihalal tidak hanya dihadiri oleh orang yang beragama Islam saja, akan tetapi juga dihadiri dari berbagai agama disamping untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Foto 1

Keluarga besar SMAN 10 Malang mengadakan acara Halal Bihalal pada hari Sabtu, tanggal 7 Juli 2018 bertempat di aula sekolah, dihadiri oleh seluruh Bapak/Ibu Guru dan Staff karyawan beserta keluarganya. Tidak hanya itu, SMAN 10 Malang juga mengundang para mantan Kepala Sekolah, para mantan Kepala Tata Usaha dan mantan-mantan guru yang sudah purna tugas.

Foto 2

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al – Qur’an oleh Ikhwan dan Seto, mereka ada siswa kelas XI dan kelas XII, dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada Bapak/Ibu guru yang sudah tidak mengabdi di SMAN 10 Malang, yakni Bapak H. Sogianto, Bu Nissa Mawaddah, Bapak Amirul, dan Bu Junita Rahma. Ibu Husnul Chotimah dalam sambutannya selaku Kepala Sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang sudah mengabdikan diri di sekolah ini dan semoga di tempat baru nanti mendapat kesuksesan yang lebih.

Foto 3

Ceramah hikmah Halal Bihalal disampaikan oleh Ustadz Izfudin, beliau adalah dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, menerangkan tentang “minal aidin wal faizin”, minal Aidin memiliki arti, ‘(Semoga kita) termasuk orang-orang yang kembali’ kembali disini merujuk pada kembali kepada fitrah manusia yakni asal kejadian atau kesucian atau agama yang benar. Seperti diketahui bahwasannya sebelum moment indah Idul fitri, kita melakukan suatu ritual penyucian diri serta penanaman sifat-sifat Allah dalam diri. Maka tentunya, dalam moment idul fitri ini kita diharapakan agar kembali sebagai manusia yang baru lahir, bersih tanpa dosa. Kembali suci setelah berlumur dosa dan kembali ke jalan agama yang benar setelah lama tersesat dalam tuntunan setan. Sementara kata “Al-Faizin” diambil dari kata “Al-Fawz” yang berarti keberuntungan.

Foto 4

Acara di aula diakhir dengan salam-salaman oleh seluruh yang hadir dan dilanjutkan foto bersama, acara beralih ke ruang serbaguna di pojok sekolah dengan ramah tamah menikmati hidangan yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Semoga acara Halal Bihalal yang dibuka sejak pukul 09.00 hingga pukul 12.30 WIB membawa makna dan keberkahan bagi keluarga besar SMAN 10 Malang kedepannya. Aamiinn.

Halal Bihalal Keluarga Besar SMANDASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>