Senin pagi (16/07) SMA Negeri 10 Malang penuh dengan seragam biru dan putih, tidak seperti biasanya. Jika biasanya siswa SMA identik dengan seragam abu-abu putih. Di hari pertama sekolah, SMA Negeri 10 Malang mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau biasa disebut MPLS. Siswa dan siswi dari berbagai SMP merasa sangat senang bisa diterima di SMA Negeri 10 Malang. Terlihat dari ekspresinya yang ceria dan mencoba berbaur dengan teman-teman barunya.

Foto 1

MPLS diadakan selama tiga hari, hari Senin 16 Juli 2018 sampai hari Rabu 18 Juli 2018. Hari Senin pagi ketika apel, diadakan penyerahan atribut MPLS sebagai tanda bila mereka bersedia mengikuti MPLS. Dilanjutkan dengan berbagai macam materi tentang perkenalan lingkungna sekolah, berkeliling sekolah untuk mengetahui ruangan-ruangan di SMA Negeri 10 Malang, dan game seru yang diadakan setiap siang hari agar mereka tidak merasa jenuh.

Foto 2

Hari Rabu (18/7) merupakan hari terakhir siswa baru SMA Negeri 10 Malang mengikuti MPLS. Berakhirnya kegiatan tersebut ditandai dengan apel penutupan dan juga pelepasan atribut MPLS yang juga sebagai tanda bila mereka semua secara resmi menjadi siswa SMA Negeri 10 Malang. Ibu Kepala Sekolah, Dr. Husnul Chotimah sebagai Pembina upacara menyampaikan amanat kepada peserta upacara. Beliau mengingatkan bahwa siswa SMA Negeri 10 Malang akan mengikuti kegiatan ketarunaan.

Foto 3

Mengingat SMA Negeri 10 Malang merupakan sekolah berbasis taruna. Diharapkan dengan adanya kegiatan ketarunaan ini, siswa akan menjadi lebih disiplin. Hal itu juga yang diharapkan dengan diadakannya kegiatan MPLS. “Iya, kami dari pihak OSIS juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini siswa baru di SMA Negeri 10 Malang bisa jadi lebih disiplin, lebih sopan dan juga lebih mengenal lingkungan sekolah,” tutur Reynold, salah satu pengurus OSIS.

Foto 4

Mengingat tujuan awal diadakannya MPLS ini adalah selain untuk mengenalkan lingkungan sekolah, juga sebagai sarana melaitih kedisiplinan siswa yang baru memasuki SMA Negeri 10 Malang. Dengan adanya kegiatan ini, siswa baru akan lebih mengerti apa saja peraturan yang ada di SMA Negeri 10 Malang.

Foto 5

Banyak hal yang dilalui selama MPLS, tidak mudah juga bagi mereka untuk berbaur dengan teman baru, membiasakan diri dengan lingkungan yang baru, dengan guru-guru baru, dan lain sebagainya. Banyak pesan dan kesan selama MPLS kali ini, seperti Lina salah satu peserta MPLS “Kakaknya lucu-lucu dan bisa jadi temen curhat, juga seru dan ndak bosenin” ujarnya.(nra/aka)

“MPLS” Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>