Senin pagi (30/7) SMAN 10 Malang menerapkan program Gerakan Literasi Siswa, yaitu program membaca dan meresume buku sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Program ini berlandaskan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Bahkan, buku khusus untuk meresume diberikan gratis oleh pihak sekolah kepada peserta didiknya.

Foto 1

Program ini diadakan karena kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minatmembaca. Maka dari itu siswa harus dibiasakan sejak dini membaca.

Foto 2

Siswa memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini. “Kita diminta untuk bawa buku dari rumah atau perpustakaan, lalu dibaca dan menulis resume di buku yang diberikan oleh pihak sekolah,” ucap Chairunisa XI Bahasa J. Diharapkan program ini dapat meningkatkan minat baca dan mencetak pribadi-pribadi unggul kedepannya.(tiy)

SMAN 10 Malang Terapkan Gerakan Literasi Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>