Pada hari Sabtu (11/8) tepatnya pukul 07.30 – 11.00 SMAN 10 Malang kedatangan tim dari Malang Today untuk memberikan pelatihan jurnalistik. Malang Today sendiri merupakan media online yang memberikan informasi atau berita terbaru seputar kota Malang. Pelatihan ini diikuti oleh peserta ekstrakulikuler Jurnalistik, Fotografi dan Broadcasting, dan dan Tim Pemandu kelas XI.

Foto 1

Agenda dari kegiatan ini antara lain pengetahuan tentang dunia jurnalistik yang mencakup pengertian, jenis media, sudut pandang, nilai dan unsur berita, serta cara mengolah bahan dan cara wawancara yang benar. Pada sela-sela kegiatan juga diadakan games yang tidak hanya seru namun juga bermanfaat, karena dari games tersebut kita dapat mengetahui kata-kata yang benar dalam KBBI juga beberapa kata serapan. Tidak hanya diberi materi, dilakukan juga praktik langsung, yaitu menulis artikel seputar SMAN 10 Malang secara berkelompok dan bagi satu tulisan terbaik, akan dipublikasikan oleh Malang Today.

Foto 2

Menjelang akhir acara, diberikan sambutan oleh Kepala Sekolah SMAN 10 Malang, Ibu Husnul Chotimah dan pemberian cindera mata oleh Malang Today kepada SMAN 10 Malang. Sesi pesan dan kesan dilakukan untuk penutup acara. “Menurutku, kegiatan ini menambah pengetahuan siswa tentang kebahasaan dan bisa mengembangkan bakat juga, jadi bermanfaat banget buat siswa yang suka atau ingin bikin artikel dan sebagainya,” ujar Rachel, salah satu peserta pelatihan. (lrf/ndr/ran)

Malang Today di Satradhirsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>