(3/9) Upacara bendera merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi seluruh warga sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Sama halnya dengan SMA Negeri 10 Malang. Setiap awal bulan, tepatnya di Hari Senin, SMA Negeri 10 Malang mengadakan kegiatan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh warga SMAN 10.

Foto 1

Pada hari Senin, 3 September 2018, tepatnya pukul 06.45, diadakan upacara bendera di lapangan SMA Negeri 10 Malang. Upacara diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali guru dan karyawan. Upacara berjalan tertib dan khidmat seperti biasanya. Peserta upacara dapat berbaris dan menikmati jalannya upacara dengan rapi dan tertib. Petugas upacara, seperti Paskibra, protokol, dirigen, pembaca do’a, UUD menjalankan tugasnya dengan baik. Pak Utomo, selaku pembina upacara juga menyampaikan amanatnya kepada seluruh peserta upacara “Bahwa tujuan sekolah adalah belajar”, hal itulah yang disampaikan tidak lain oleh Pak Utomo pada saat amanat.

Setelah upacara berakhir, peserta upacara tidak langsung dibubarkan seperti biasanya, melainkan ada pengumuman. Pengumuman yang disampaikan yaitu mengenai prestasi yang telah dicapai oleh Tim Basket Putra dan Jurnalistik dari SMA Negeri 10 Malang. Prestasi yang dicapai yaitu, Tim Basket Putra telah mencapai tingkatan “Fantastic Four” atau babak empat besar dalam Tournamen Basket Jawa Timur tahun 2018. Selain itu, Tim Jurnalistik juga meraih prestasi sebagai Juara 2 Jurnalist DBL 2018 dan sebagai “Best Content Creator”. Beberapa anggota Tim Basket Putra dan tiga orang perwakilan Tim Jurnalistik maju untuk penyerahan piagam penghargaan. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Pak Utomo selaku Wakasek. Kesiswaan kepada Tim Basket Putra dan Tim Jurnalistik SMA Negeri 10 Malang.

Foto 2

Dengan beberapa prestasi yang baru saja diraih dari beberapa ekstrakurikuler di SMAN 10 ini, yaitu dari Tim Basket dan Jurnalistik, para guru mengharapkan siswa yang lainnya dapat termotivasi untuk melakukan hal serupa, yaitu dapat mengembangkan bakat masing-masing dibidang yang ditekuni, dan bisa berprestasi untuk mengharumkan nama sekolah dan diri sendiri tentunya. Setelah penyerahan piagam penghargaan, perwakilan yang telah dipanggil ke depan diminta kembali ke barisan masing-masing. Upacara bendera pun berakhir. Seperti biasa, peserta upacara dibubarkan dan melanjutkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masing-masing di kelas.(ndr)

Tiga Prestasi di Upacara Bendera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>