MALANG—Sabtu (6/10) lalu diadakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pemandu SMAN 10 Malang Masa Bakti 2018/2019. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB di Laboratorium Fisika. Dengan jumlah hadir kurang lebih 40 siswa, acara ini berlangsung lancar. Ibu Ellen memberi beberapa kalimat sambutan sebagai pertanda diklat resmi dibuka. Beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang pemandu yang baik, harus menjaga attitude yang baik pula. Seperti halnya selalu tersenyum.

 Foto 1

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Pak Yudi. Beliau menyampaikan tentang beberapa hal yang perlu diketahui oleh calon pemandu. Salah satunya teknik bridging. Teknik tersebut tentunya sangat penting bagi seorang pemandu. Hal lain yang juga disampaikan adalah bagian-bagian dari SMAN 10 Malang. Seperti halnya ruangan, sumur resapan, lubang biopori, dan lain sebagainya.

 Foto 2

Setelah materi selesai disampaikan, acara dilanjutkan dengan pelatihan pemandu baru untuk school tour didampingi dengan para pemandu lama. Tujuannya adalah untuk melatih para pemandu baru agar berani berbicara di depan banyak orang, melatih kecakapan, serta  melatih public speakingmereka.

Dari kurang lebih 30 orang pemandu baru, diharapkan bisa menjadi pemandu yang profesional dan mandiri dalam mendampingi para tamu saat berkunjung di area sekolah sekaligus menjadi stakeholder sekolah yang terpercaya. Karena inilah para pemandu perlu diberi pembekalan dan pelatihan untuk meningkatkan skill mereka.

 Foto 3

Di penghujung acara, pemandu lama yang sudah purna diberi waktu untuk menyampaikan pesan dan kesan selama mereka bertugas. “Semoga adik-adik betah dan kelak semoga ilmunya dapat berguna di universitas,” tutur Kak Thamara. (nra/tiy/dma)

Diklat Pemandu 2018 Ajarkan Cara Memandu Tamu yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>