Pernah dengar tentang makanan bernama okonomiyaki? Yap, makanan khas Jepang yang berbahan dasar tepung terigu dan sayuran ini tentunya sangat diminati oleh berbagai kalangan. For your information, ternyata nama makanan ini memiliki arti yang unik, lho. Dalam bahasa Jepang okonomi berarti “suka-suka” (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti “panggang”.

Foto 1

Senin (19/11) siswa kelas XII MIPA C SMAN 10 Malang belajar memasak okonomiyaki bersama Bu Dhevi, Ryo Sensei, dan Mika Sensei. Awalnya para siswa dijelaskan tentang apa itu okonomiyaki serta jenis-jenisnya dan berbagai macam cita rasa okonomiyaki yang berbeda antar jenis satu dengan yang lainnya. “Dalam rangka belajar budaya Jepang dan mengisi waktu agar tidak bosan, kami diajarkan memasak okonomiyaki. Kami jadi tahu seperti apa makanan khas orang Jepang, dan berbagai cita rasanya,” ujar Kak Jihan Radha, siswa kelas XII MIPA C ini.

Foto 2

Setelah dijelaskan sekilas tentang okonomiyaki, para siswa ini diajak untuk memasak okonomiyaki bersama-sama. Step-step dalam memasak okonomiyaki ternyata banyak banget lho, guys. “Kalo step paling favoriteku itu ketika membalik okonomiyaki, sulit banget,” kata Kak Jihan. Keseruan memasak makanan khas Negeri Sakura ini belum selesai, setelah bergelut dengan alat-alat masak kini saatnya mereka untuk menunjukkan kreatifitas dalam hal penataan garnish okonomiyaki. Hmm, tidak lengkap rasanya kalau hanya memasak saja tanpa icip-icip masakan mereka. Yap, kegiatan pembelajaran budaya Jepang ini ditutup dengan makan bersama okonomiyaki buatan masing-masing, seru banget ya! (dma)

Okonomiyaki? Oishikatta desu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>