SMAN 10 Malang melaksanakan Uji Coba Ujian Nasional (UCUN) yang diikuti seluruh siswa kelas XII selama dua hari, tepatnya tanggal 6 s.d. 7 Desember 2018. Kegiatan ini berlangsung di ruang kelas SMAN 10 Malang selama dua jam, mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB. Dalam satu ruangan terdapat 24 siswa yang ditempatkan secara urut berdasarkan nomor absen serta pengawas yang akan memantau pelaksanaan ujian hingga akhir. Empat mata pelajaran menjadi bahan ujian selama dua hari, yaitu dua mata pelajaran per-harinya.

Pada hari pertama berlangsung, seluruh siswa kelas XII harus menghadapi kumpulan soal Bahasa Indonesia dan Matematika. Salah satu siswa mengaku  bahwa persiapan mereka sebenarnya kurang karena pelaksanaan Uji Coba Ujian Nasional yang dilaksanakan tepat satu hari setelah berakhirnya Penilaian Akhir Semester (PAS).

Foto 1

Berlanjut pada hari kedua, siswa kembali berkutat dengan Bahasa Inggris dan Mata Pelajaran (matpel) pilihan, yaitu Biologi/Fisika/Kimia untuk jurusan Matematika dan IPA (MIPA) serta Ekonomi/Sosiologi/Geografi untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berkaitan dengan matpel pilihan tersebut, siswa kelas XII bebas menentukan mana yang akan dikerjakan saat Ujian Nasional (UN) sesuai jurusan mereka, tentunya berdasarkan materi yang mereka kuasai atau yang disukai.

Meski baru pertama uji coba dan belum terbiasa, tetapi mereka tetap semangat dalam selama pelaksanaan. “Ya setidaknya saya dapat gambaran tentang soal-soal yang diujikan kedepannya. Semoga uji coba selanjutnya bisa lebih baik dari kali ini.” Ujar Ahmad Khan, salah satu siswa kelas XII SMAN 10 Malang yang mengikuti Uji Coba Ujian Nasional.(ndr)

Try Out Ujian Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>