Kamis (24/01) kelas X Bahasa belajar memakai yukata sebagai bagian dari mata pelajaran Bahasa dan Sastra Jepang yang juga mempelajari tentang budaya Jepang. Yukata sendiri adalah  pakaian tradisional Jepang yang kerap digunakan di musim panas, terutama di saat melihat Hanabi Taikai (Festival Kembang Api) atau di saat matsuri (festival).

Foto 1

Siswa-siswi X Bahasa sangat antusias saat mencoba memakai yukata. Para siswa dibimbing oleh Ryo-sensei dari Nihongo Partners, sementara siswinya dibimbing oleh Dhevi-sensei, selaku guru Bahasa dan Sastra Jepang dan Suga-sensei dari Nihongo Partners. Antusiasme itu mereka tunjukkan dengan mengabadikan momen tersebut lewat jepretan kamera.

“Memakai yukata sangat menyenangkan, meski begitu memakai yukata sedikit sulit untuk memasang obi-nya. Namun, tentu saja ini merupakan pengalaman yang menarik dan langka.” komentar Ria, salah satu siswi X Bahasa.

Foto 2

“Dengan belajar memakai yukata, sensei berharap anak-anak Bahasa bisa mengetahui bahwa sampai sekarangpun orang Jepang masih melestarikan budayanya dan bangga akan itu. Semoga kita pun bisa bangga dan melestarikan budaya kita sendiri. Batik, kebaya, misalnya.”¬† ujar Dhevi-sensei.

Selain mengenalkan kita akan budaya Jepang, kegaitan ini juga mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga dan melestarikan budaya Indonesia agar dapat terpelihara, meskipun zaman terus berkembang. Belajar budaya asing itu memang asyik, tapi jangan sampai lupa budaya sendiri, ya! (zul)

Belajar Memakai Yukata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>