Ujian praktik diadakan mulai hari Senin, 28 Januari 2019. Ujian praktik dilaksanakan pada saat jam pelajaran tersebut berlangsung, misalnya waktu jam mata pelajaran Kimia berlangsung, ujian praktiknya juga Kimia. Untuk jurusan IPA, ujian dilakukan di laboratorium Kimia untuk ujian Kimia, laboratorium Biologi untuk ujian Biologi, laboratorium Fisika untuk ujian Fisika, dan untuk tes tulis Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dilakukan di kelas masing-masing.

Foto 1

Praktikum pada mata pelajaran Kimia yaitu melakukan penelitian pada larutan, pada mata pelajaran Biologi berupa penelitian makhluk hidup, dan pada mata pelajaran Fisika melakukan pengukuran beberapa materi yang diujikan seperti gerak melingkar benda, fluida statis, dan lain sebagainya. Hal itu tergantung undian di setiap kelas dan bidang, tidak semua anak mendapat praktik yang sama. Setelah itu, guru meminta laporan penelitian untuk dijadikan bahan penilaian akhir. Untuk tes tulis, mereka diberi selebaran soal yang harus dilakukan sesuai perintah.

Foto 2

Selain itu, mereka juga mengadakan ujian praktik Bahasa Jawa dan akan diundi antara melakukan drama atau musikalisasi puisi yang semua dalam Bahasa Jawa. Untuk mata pelajaran agama Islam, seni budaya, dan PENJASKES antara jurusan IPS dan IPA sama. Hal yang membedakan dalam jurusan mereka yaitu, melakukan ujian praktik berupa :

Agama Islam : Hafalan 3 surat (Al-Ala, Ad-Dhuha, Al-Baqarah ayat 1-5) dan sholat jenazah.

PENJASKES  : Underring basket, servis voli (untuk laki-laki servis atas dan untuk perempuan servis bawah), senam irama, lari (rute untuk lari ini adalah Jl. Kerinci, Jl. Matana, dan Jl. Maninjau), dan berenang. Untuk bahasa Indonesia, diperbolehkan memilih antara debat atau talk show maupun presenter. Pada hari kedua, dilaksanakan ujian praktik tulis yaitu membuat surat lamaran pekerjaan dan esai.

Foto 3

Untuk mata pelajaran bahasa Inggris membuat video bebas berbahasa inggris, dan hari kedua ujian praktek tulis yaitu membuat application letter, article, dan recount text. Untuk mata pelajaran seni budaya, mengumpulkan fotografi. Ada 21 tema yang sudah ditentukan, dan mereka harus mengundi dalam 1 kelas. Selain itu, ada pula ujian praktik kewirausahaan yang membuat kerajinan dari cup kertas. Pada mata pelajaran Bahasa Jawa undiannya tentang musikalisasi geguritan, drama, campursari.  Ujian praktik diakhiri tanggal 1 Februari 2019, dan dilanjutkan pelaksanakan simulasi untuk ujian nasional.(asp,ear)

Ujian Praktik 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>