Kamis (14/02), jam pelajaran Bahasa dan Sastra Jepang di kelas X Bahasa kembali diisi dengan pengenalan budaya Jepang. Kali ini, budaya yang diperkenalkan adalah salah satu makanan yang populer di Jepang, yaitu kari Jepang atau kari (カレー karē). Kari sangat sering dikonsumsi oleh orang Jepang, hingga masuk peringkat ke-3 makanan terpopuler di Jepang. Menurut Ryo-sensei, NP (Nihongo Partner) yang bertugas di SMAN 10 Malang, Kari Jepang ini dapat dimakan dengan tiga cara, yaitu dengan gohan (nasi), dengan udon (sejenis mi yang tebal), atau dengan pan (roti).

Walaupun Kari adalah makanan yang populer di Jepang, ternyata Kari bukan makanan asli Jepang, melainkan makanan ini berasal dari Asia Selatan, terutama India yang kemudian menyebar di kawasan Asia dan Eropa. Kari khas Jepang telah beradaptasi dengan selera masyarakatnya, sehingga bisa menjadi kuliner populer sampai sekarang.

Praktik Masak Kari Jepang

Siswa-siswi kelas X Bahasa sangat antusias untuk memasak kari ini, sebab Kari Jepang sangat berbeda dengan kari yang ada di Indonesia. Tekstur kuahnya lebih kental, sehingga lebih mirip saus, isi Karinya juga beragam, ada wortel, kentang, bawang bombai, dan ayam. Untuk bumbunya, kali ini menggunakan curry block, semacam bumbu siap pakai berbentuk blok atau kotak. Cara memasakanya juga sangat mudah, sehingga siswa bisa memasaknya dengan baik, dan hasilnya juga sangat enak.

“Pelajarannya bisa membuat kita memahami budaya Jepang dan mengetahui salah satu makanan populer di Jepang dan dapat mencoba membuatnya secara bersamaan.” ujar Salma, salah satu siswi kelas X Bahasa.

Selain kelas X Bahasa, kelas-kelas yang mendapat pelajaran Bahasa dan Sastra Jepang juga mengadakan kegiatan yang sama. Pengenalan budaya ini tidak hanya bertujuan agar kita dapat membuka wawasan yang lebih luas akan budaya luar, tetapi juga mengingatkan kita kembali akan keindahan budaya apabila terus dipelihara dan dijaga bersama. (zul)

Mari Membuat Kari ala Jepang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>