Sabtu (20/04), SMA Negeri 10 Malang menggelar acara tahunan yang bertajuk Karsashirsa (karya seni anak Satradhirsa) di Taman Krida Budaya, Jalan Soekarno Hatta, Malang. Dalam pagelaran ini, siswa kelas XI menampilkan drama dari berbagai legenda Indonesia. Pagelaran dibuka dengan penampilan band kelas X, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama.

Drama pertama bejudul “Danau Tiga Warna” yang ditampilkan oleh kelas XI IPA 3 begitu mengesankan. Meskipun tampil pertama, mereka terlihat sangat siap. Drama tersebut semakin meriah dengan adegan aksi dan berbagai tarian bertema tradisional.

Foto 1

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana, Agus Eko Suryanto, S. Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 10, Dr. Husnul Chotimah, dan Dra. Ema Sumiarti, M. Si. Selaku Kecapdin. Selain itu acara juga dihadiri oleh Para Guru dan staf SMAN 10 Malang.

Drama selanjutnya ditampilkan oleh XI IPS 1 yang berjudul ” Banyuwangi” ,kemudian dilanjutkan oleh penampilan kelas XI BAHASA yang berjudul ” Legenda Bunga Kemuning”, setelah itu dilanjutkan dengan penampilan guest star Holaspica dan XI IPA 4 dengan judul ” Coban Rondo”. tentunya semua kelas menampilkan legenda yang berasal dari nusantara. Drama diakhiri oleh penampilan dari kelas XI MIPA 5 yang berjudul “Sewu Candi Prambanan” yang bercerita tentang Candi Prambanan. Dalam acara karsadhirsa ini tidak hanya diisi oleh tampilan acara berupa drama. Akan tetapi juga diisi oleh penampilan band dari SMAN 10 Malang dan juga penampilan band dari luar seperti Holaspica,Remissa,dan Iksan Skuter.

Foto 2

” Acara cukup menyenangkan, tetapi sempat ricuh pada saat  Band Remissa berlangsung”, ujar Afifah selaku penonton.

Selain itu, untuk menyukseskan acara, Siswa kelas 10 juga disediakan stand bazar yang setiap kelasnya wajib berjualan makanan dan minuman.

” Harganya terjangkau, makanannya enak dan pas untuk lidah murid SMA”, ujar Arin selaku siswa kelas 11. Selain stand bazar makanan, terdapat pula pameran seni sepanjang perjalanan dari gerbang hingga pintu masuk gedung. Pamerannya beragam, ada lukisan kanvas , kaca , dan berbagai tembikar, kendi contohnya.

Foto 3

Sebelum acara puncak yang diisi oleh beberapa Guest Star. Akan hadir pula walikota Malang yang akan memberikan sambutan atas terselenggaranya Karsadhirsa. Dalam acara Karsadhirsa ini BP2D Kota Malang turut serta menjadi sponsor dengan program tax goes to school. Semua siswa dibeei kupon, yang akan diundi , dan mendapat hadiah berupa Televisi contohnya. Selain itu, ada pula penampilan dari D’Kross dan ditutup dengan Remissa.

Semoga pagelaran seni karsadhirsa taun depan lebih meriah, lebih banyak sponsor dan guest star yang mengisi acara tersebut. (asp/ear)

Karsadhirsa : Apresiasi Seni untuk Smandasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>