Kamis (02/03) SMAN 10 Malang melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional. Dalam kesempatan tersebut pembina upacara menyampaikan bahwa Hari Pendidikan Nasional tahun ini bertema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Foto 1

Meskipun upacara kali ini hanya diikuti oleh peserta dari kelas 10 dan 11, upacara tetap berjalan lancar dan tertib. Apalagi, siswa kelas 10 dan 11 baru saja mengikuti Diklat Ketarunaan di LANAL Malang pada 24-25 dan 26-27 April 2019, sehingga mereka dapat menunjukkan sikap tertib dan disiplin terutama ketika berada dalam barisan. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh pembina upacara, selain ucapan syukur karena upacara dapat terlaksana dengan khidmat di hari yang cerah itu.

Foto 2

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei tersebut diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara atau yang lebih dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional dengan harapan bangsa Indonesia tidak akan pernah melupakan jasanya dalam membangun pendidikan nasional sampai kapanpun. Melalui pidato yang disampaikan oleh pembina upacara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berpesan agar peserta didik Indonesia saat ini mendapat penguatan karakter supaya mereka menjadi generasi yang kuat rasa nasionalismenya dan berjiwa patriot. “Kecintaan dan kebanggaan pada simbol-simbol negara itu harus terus ditanamkan agar mampu membentuk generasi yang kuat rasa nasionalismenya dan berjiwa patriot.” ujarnya dalam pidato tersebut.

Foto 3

Pada kesempatan kali ini pula, para guru memberikan apresiasi mereka kepada siswa kelas 11 yang telah menampilkan drama bertema ceita rakyat dari berbagai penjuru Indonesia dalam Karsadhirsa (karya seni anak Satradhirsa), Sabtu (20/04) lalu. Apresiasi tersebut diwujudkan dengan pemberian hadiah kepada nominasi-nominasi yang telah diputuskan baik kelas, maupun perorangan. Pemberian hadiah tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada kelas 11 karena telah menampilkan peforma terbaik mereka di panggung Karsadhirsa 2019. Selain itu, para guru juga mengingatkan siswa untuk terus meningkatkan kemampuan akademik mereka sebagai persiapan menghadapi PAT (penilaian akhir tahun) yang tinggal hitungan hari. (zul)

Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>