Hari Sumpah Pemuda merupakan hari nasional untuk bangsa Indonesia yang berlangsung pada tanggal 28 Oktober. Banyak sejarah yang terjadi pada tanggal tersebut di tahun 1945 dan sejarah itulah memberikan banyak pengaruh terhadap bangsa Indonesia terutama pemuda-pemuda di Indonesia sehingga bangsa Indonesia selalu mengenang jasa para pahlawan dengan adanya hari nasional Sumpah Pemuda.

Pada tanggal 28 Oktober 2019 SMA Negeri 10 Malang melaksanakan upacara bendera yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan. Upacara bendera berlangsung dengan hikmat dan di ikuti oleh seluruh warga sekolah. Pembina upacara adalah Ibu Endang Setyoningsih, S. Pd. Upacara berlangsung sama seperti setiap Senin upacara bendera, namun ada 1 hal yang berbeda yaitu pembacaan hasil kongres pemuda tahun 1928.

Materi pidato yang disampaikan pembina upacara menegenai peran generasi muda sekarang yang bersatu untuk maju. Maksudnya yaitu diharapkannya generasi pemuda ini dengan adanya peringatan hari Sumpah Pemuda bisa membawa Indonesia menuju kemajuan di era globalisasi. Selain itu, pemuda saat ini menjadi tonggak utama, calon pemimpin bangsa dan pembawa kemajuan untuk kedepannya bagi bangsa Indonesia.

Upacara tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Dan seluruh warga sekolah menggunakan seragam lengkap, tidak ada yang melanggar peraturan sekolah dalam berseragam. Tidak ada pula yang terlambat masuk sekolah dan tidak ada yang pingsan saat upacara. Sehingga upacara yang berlangsung sangat hikmat.(tar)

Upacara Hari Sumpah Pemuda 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *