(03/02) Ujian Tulis Berbasis Komputer semakin dekat dengan calon lulusan 2020/2021. SMAN 10 mempersiapkannya dengan mengadakan simulasi untuk seluruh kelas XII. Try Out kali ini adalah Try Out USP-BKS (Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer dan Smartphone) yang dilaksanakan dua sesi, pukul 08.00-11.00 untuk kelas XII IPA, dan sesi dua pukul 14.00-17.00 XII IPS dan Bahasa. Sesi susulan bagi siswa yang belum mengikuti akan diadakan esok harinya, pada 4 Februari. Ruang IT dan beberapa ruang kelas lain menjadi tempat dilangsungkannya ujian ini. Mata pelajaran yang diujikan, diantaranya Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Mata Pelajaran Peminatan. Peserta ujian memasukkan password  dan token sebelum memulai ujian.

Mapel (mate pelajaran) Peminatan untuk jurusan IPA, diantaranya Biologi, Fisika, dan Kimia. Antropologi, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin untuk jurusan Bahasa. Sedangkan Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi untuk jurusan IPS. Siswa berhak memilih satu diantara ketiga mapel peminatan sesuai jurusannya. Dalam simuasi ini, sekolah memberikan beberapa fasilitas yang mendukung seperti komputer, meja, kursi dan jaringan internet.

Diadakannya try out ini, bertujuan agar siswa kelas XII dapat mengetahui sistem dan tata cara dalam mengerjakan soal-soal ujian nanti. Selain itu, siswa juga diberikan pengalaman pertama agar siap saat ujian berlangsung. Nilai yang keluar, nantinya akan dicatat dan diberikan kepada orang tua/wali siswa untuk ditanda tangani.

“Rasanya sih deg-degan pas tau kalo nilainya tetep dicatat. Apalagi kalo bayangin suasana UTBK.” ujar Eilyn Zharfa, salah satu peserta simulasi kelas XII IPA. (ndr/mis)

Try Out USP-BKS Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *