“CERMATI PILIHAN PANGANMU, UNTUK PENUHI GIZI SEIMBANGMU”

Hai.. sebagai remaja putri kita pasti ingin selalu sehat cantik dan cerdas tanpa anemia, bila terjadi anemia kemampuan belajar menurun dan kegiatan kita bisa terganggu. Yuk cegah anemia sebelum muncul gejala dengan mengonsumsi makanan yang kaya sumber zat besi serta minum tablet tambah darah 1 tablet seminggu sekali. Jadi tunggu apalagi kita semua pasti bisa menjadi sehat cantik dan cerdas tanpa anemia.

Di Hari Gizi Nasional ke-61 tahun 2021 ini, yuk sama-sama cari tahu kaitan anemia, gizi seimbang dan tablet tambah darah. Anemia atau kekurangan darah merah adalah salah satu masalah utama di Indonesia dan khususnya terjadi oleh remaja putri, remaja putri yang sedang berada di masa menstruasi tentunya akan kehilangan cukup banyak darah di setiap bulannya, ketika seorang remaja putri mengalami anemia maka akan muncul beberapa gejala seperti 5L (Lemah Letih Lesu Lelah dan Lunglai) sulit untuk berkonsentrasi dan selalu tampak pucat tentunya hal ini akan menghambat aktifitas kita sebagai seorang pelajar, baik itu saat daring, berorganisasi dan melakukan aktivitas seperti remaja pada umumnya.

Kira-kira gimana cara kita untuk mencegah anemia ini, yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang sesuai dengan isi piringku yang kedua adalah dengan mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD) semenjak saya mengkonsumsi tablet tambah darah ini rasa pusing ketika menstruasi berkurang dibandingkan ketika saya belum mengenal apa itu TTD.

TTD adalah salah satu anjuran pemerintah untuk mencegah dan menurunkan angka anemia di Indonesia terutama pada remaja putri, untuk memperoleh TTD ini tidaklah sulit karena pemerintah sudah menciptakan berbagai macam cara, salah satunya adalah lewat Puskesmas yang diperantarai langsung oleh sekolah dan disalurkan kepada remaja putri, tapi yang saya perhatikan banyak sekali orang yang kurang peduli dengan TTD ini, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi TTD selama seminggu sekali secara rutin dan berkala dengan meminum air putih dan tidak dikonsumsi bersamaan dengan teh, kopi atau minuman berkafein, tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat maag dan dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi TTD.

Sekarang kita tahu apa kaitan anemia gizi seimbang dan tablet tambah darah, mulai sekarang yuk sama-sama kita cegah anemia dan mari kita wujudkan remaja sehat bebas anemia, gizi seimbang, remaja sehat Indonesia kuat. Jangan lupa untuk selalu mengingat apa pesan ibu di era new normal ini.

REMAJA SEHAT BEBAS ANEMIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *