Rapat Dinas Oktober

(25/10) Rapat dinas yang rutin digelar setiap bulannya pada bulan Oktober 2021 ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 25 Oktober 2021 mulai pukul 12.00 hingga pukul 14.00 WIB bertempat di ruang aula utama gedung perkantoran baru SMAN 10 Malang.

Dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. dengan Wakil Kepala Sekolah bidang Humas yang bertugas sebagai Pembawa Acara. Pemaparan program dan laporan yang pertama oleh Waka bidang Kurikulum yakni Bapak Drs. Nur Ali Akhmad, M.KPd, mempresentasikan beberapa agenda kegiatan akademik yang sudah berlangsung diataranya tentang pembagian Rapor Tengah Semester Ganjil dan persiapan pembagian Rapor Semesteran kelas KBC atau Kelompok Belajar Cepat.

Dari bagian Kesiswaan Ibu Mina Hanggari Mukti melaporkan diantaranya tentang pelaksanaan Diklat Calon Pengurus OSIS / MPK yang sudah berlangsung dan beberapa program kegiatan lainnya yang sudah terlaksana termasuk persiapan E-Tata Tertib Siswa.

Presentasi berikutnya dari Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana dan Prasarana yakni Ibu Dra. Wahyu Nuryani yang melaporkan beberapa perkembangan perbaikan sarana dan prasarana sekolah yang baru. Wakil Kepala Sekolah terakhir yang melaporkan hasil kinerjanya adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat Ibu Faridah Hayati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan tentang Program Dosen Mengajar bagi kelas KBC yang sudah berlangsung dan jadwal Dosen Mengajar untuk periode berikutnya.

Kepala Sekolah Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., M.M., mengambil waktu presentasi diakhir Rapat Dinas sebagai penutup, Bapak Sekolah memaparkan tentang Visi dan Misi Sekolah yang harus menjadi komitmen bersama warga sekolah untuk terus meningkatkan dan memajukan sekolah sebagai bentuk pelayanan pendidikan yang berwawasan lingkungan, berpijak pada budaya bangsa, dan berdaya saing tinggi. (red)

HUT Ke-22: Semakin Dewasa

(21/10) Sedianya acara tasyakuran HUT SMAN 10 Malang yang ke-22 ini digelar pada hari Rabu, tanggal 20 Oktober 2021 bertepatan dengan hari lahirnya SMAN 10 Malang yang ke-22, akan tetapi karena hari libur nasional Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, maka acara syukuran yang sederhana dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 21 Oktober 2021.

Sebelum acara tasyakuran dimulai, pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB seluruh Bapak/Ibu guru dan karyawan melaksanakan senam pagi bersama di depan gedung perkantoran baru dengan instruktur senam dari salah seorang guru pendidikan dan jasmani, kegiatan senam ini tak lain adalah untuk meningkatkan imun tubuh dan menambah tingkat kesehatan dan kesegaran jasmani dan rohani.

Acara dihadiri oleh seluruh warga sekolah, pengurus Komite Sekolah, hadir pula para mantan Kepala Sekolah diantaranya Bapak Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd. yang notabene sebagai Ketua Komite Sekolah, Ibu Dra. Niken Asih Santjojo, M.Pd. juga turut hadir dalam acara syukuran. Sedangkan Bapak Drs. Tri Suharno, M.Pd. hadir lebih awal, meski tidak bisa mengikuti acara hingga usai. Tasyakuran dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB bertempat di aula gedung perkantoran baru sekolah.

Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak H. Masduki, doa untuk kebaikan, keselamatan bersama warga sekolah dan untuk kemajuan serta kejayaan SMAN 10 Malang.

Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. sekilas dalam sambutannya bahwa SMAN 10 Malang dengan usia yang ke-22 tahun ini semakin dewasa untuk terus berkembang dan berbenah diri dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di masyarakat.

Acara hiburan persembahan lagu dari Attiya & Home Band dengan mempersembahkan lagu yang berjudul “Selamat Ulang Tahun”. Acara yang sederhana dikarenakan masih dalam masa pandemic Covid-19, tidak ada acara yang besar seperti saat sebelum masa pandemi.

Semoga SMAN 10 Malang dengan semangat “Learn Today, Lead Tomorrow, Be The Best!” dan semboyannya SATRADHIRSA yakni singkatan dari kata Satvika (jujur), Dhira (teguh), Dhirot (tekun), dan Saha (rajin) semakin jaya, melahirkan para calon pemimpin bangsa yang jujur dan amanah. Aammiinnn. (red)

Pertemuan MGMP Guru Olah Raga

(19/10) Sebanyak 30 orang guru Penjas Orkes dari SMA Negeri maupun SMA Swasta bertemu di aula SMAN 10 Malang untuk melaksanakan pertemuan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau lebih yang dikenak dengan MGMP. Ini adalah kali pertemuan guru pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan digelar di SMAN 10 Malang, hal ini dikarenakan Bapak Sasongko selaku Kepala SMAN 10 Malang ditunjuk sebagai Pembina MGMP Panjes Orkes SMA Kota Malang oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota Batu.

Sebelum bertugas menjadi Kepala Sekolah, Bapak Sasongko adalah Guru Olah Raga di SMA Negeri 8 Malang sebelum manjabat sebagai Kepala SMA Negeri Kwanyar di Kabupaten Bangkalan – Madura. Maka dari itu adalah kebijakan yang tepat sessuai dengan kompetensinya.

Acara dibuka dengan sambutan Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. selaku Kepala SMAN 10 Malang dan tentunya selaku Pembina MGMP, sambutan berikut dari Ketua MGMP Penjas Orkes SMA Kota Malang yakni Bapak Ming Ribut Kawistoro yang berdinas di SMA Negeri 8 Malang.

Pertemuan rutin MGMP ini mengagendakan pembahasan program kerja MGMP Penjas Orkes periode tahun 2021 – 2020. Pertemuan yang digelar dengan santai tapi serius ini berlangsung dari sejak pukul satu siang hingga pukul 3 sore. (red)

Juara 2 Lomba Pidato Trio dan Lagu Perjuangan 2021

Tim dari SMA Negeri 10 Malang menjadi juara 2 dalam kegiatan Lomba Pidato Trio dan Lagu Perjuangan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan HUT Provinsi Jawa Timur yang ke-76. Lomba ini diselenggarakan MGMP SMA Sejarah Provinsi Jawa Timur yang bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021.

Pada tahun ini SMA Negeri 10 Malang mengirim 3 siswa terhebatnya yaitu Muhammad Syafiudin Iqbal Ma’us (Xll IPS 2), Attia Maulidiyah (XII MIPA 3), dan M. Iqbal Fauzan (Xll MIPA 3) sebagai satu tim. Acara ini telah diselenggarakan 16 tahun berturut-turut dan setiap tahunnya diikuti lebih dari 30 peserta SMA/SMK/MA se-Jawa Timur.

Kali ini spesial merayakan HUT Provinsi Jawa Timur yang ke-76 dan bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan mengambil tema “Bela Negara dalam Perspektif Mempertahankan Pancasila dan NKRI dari Ancaman Bangkitnya PKI dan Radikalisme”. Hal ini dilakukan untuk menanamkan ideologi Pancasila secara utuh dalam diri generasi muda ditengah maraknya aksi radikalisme.

Tahun ini menyesuaikan kondisi pandemi maka lomba dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap pertama mengirim video pidato melalui email untuk diseleksi oleh panitia dan dipilih 10 grand finalis maksimal tanggal 30 September 2021. Pada tahap kedua 10 grand finalis tersebut akan bertanding ulang secara langsung tanggal 9 Oktober 2021 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Pada tahap pertama tersebut SMA Negeri 10 Malang menduduki peringkat terbaik ke 2 dari 10 grand finalis.

Perjuangan tim SMA 10 dilakukan dalam waktu yang singkat hanya satu minggu, banyak rintangan dan suka duka selama latihan. Namun perjuangan tersebut membuahkan hasil yang memuaskan, setelah tampil secara langsung bersama 9 grand finalis lainnya tim SMAN 10 Malang yang dibina oleh Bu Endang (guru Mapel Sejarah) berhasil meraih juara 2 setelah SMAN 2 Surabaya. Mereka membawa pulang piala, sertifikat dan uang pembinaan Rp. 3.500.000,-  (mif)

Webinar Nasional Ke-2: Merdeka Belajar di Era Milenial

(16/10) SMA Negeri 10 Malang dalam menyambut usianya yang ke-22 tahun kembali menyelenggarakn webinar nasional ke-2 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 16 Oktober 2021 mulai pukul 08.00 WIB hingga sekira pukul 13.00 WIB secara virtual Zoom Meeting dan Live di channel Youtube SMAN 10 Malang. Diikuti oleh 350 orang peserta pendaftar dari berbagai jenjang pendidikan, juga dari berbagai daerah di Indonesia, dan 12 orang pemakalah eksternal yakni pemakalah yang berasal dari luar SMAN 10 Malang, sedangkan pemakalah dari lingkup guru SMAN 10 Malang berjumlah 18 orang.

Dalam webinar nasional ke-2 ini Ibu Dr. Husnul Chotimah, M.Pd yang bertindak sebagai moderator yang sebulan lalu sudah pindah tugas di SMAN 4 Malang. Sambutan pertama dari Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. mengapresiasi kegiatan webinar nasional yang bertema Merdeka Belajar di Era Milenial dengan harapan memerdekakan intelektualitas, memerdekakan cara pandang dan cara berpikir kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan di pendidikan.

Sambutan berikutnya dari Bapak Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd. selaku Ketua Komite SMAN 10 Malang yang dilanjutkan dengan pemaparan para pemakalah utama diantaranya : Prof. Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti, M.Hum. beliau ada Guru Besar Universitas Negeri Semarang/Tim Penilai Angka Kredit Pusat dengan membawakan judul “Trik dan Tips Kenaikan Pangkat di Era Milenial”. Turut hadir Prof. Ir. Abdorrakhman Gintig, M.Ed., M.Si., Ph.D., RFRIS. beliau adalah Guru Besar Kebijakan Pendidikan Universitas Langlangbuana Bandung dengan mengetengahkan tentang “Merdeka Belajar di Jaman Merdeka”. Pemakalah utama berikutnya adalah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yakni Ibu Dra. Ety Prawesti, M.Si. beliau adalah Kabid. PPSMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mempresentasikan tentang “Pelayanan Prima di Era Merdeka Belajar (Best Practice), sedangkan Ibu Dr. Ninik Kristiani, M.Pd. yang menjabat sebagai Pengawas SMA Kota Malang – Jawa Timur menyampaikan paparan makalahnya yang berjudul “Gamifikasi Alternatif Pembelajaran di Era Milenial”.

Selepas para pemakalah utama menyampaikan materinya, berlanjut pada sesi penyampaikan materi makalah dari pemakalah eksternal dan internal yang terbagi pada beberapa room zoom dalam bentuk sidang pararel. Pemakalah selain mendapatkan e-sertifikat juga akan mendapatkan Prosiding Online ber-ISBN, tentunya semua peserta yang hadir juga akan mendapatkan e-sertifikatnya masing-masing.

Kegiatan Webinar Nasional Ke- 2 ini dapat disaksikan secara lengkap pada channel Youtube SMAN 10 Malang dengan tautan link pada https://www.youtube.com/watch?v=kI2pZT_1kY8. (red)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H.

(15/10) Seluruh warga SMAN 10 Malang yang beragama Islam mengikuti acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H pada hari Jumat, tanggal 15 Oktober 2021 di ruang aula utama gedung perkantoran baru sekolah untuk Bapak/Ibu Guru dan Karyawan, sedangkan para siswa mengikuti acara perintatan Maulid Nabi melalui virtual Zoom Meeting dari rumah masing-masing. Acara digelar mulai pukul 13.00 WIB hingga sekira pukul 15.30 WIB.

Adalah Badan Dakwah Islamiyah SMAN 10 Malang yang sukses mempersiapkan acara sehari sebelum acara berlangsung hingga siang hari sebelum sholat Jumat usai. Dengan mengundang Ustadz Dwi Apriyanto memberikan ceramah tausiah agama yang mengambil tema “Meneladai Akhlak Rasulullah SAW Sebagai Bekal Pribadi Yang Unggul”.

Sebelum acara sesi ceramah Maulid, Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah dalam sambutannya berpesan bahwa kita semua itu segai ummat Nabi Muhammad sebenarnya sangat sederhana sekali, yakni hanya mengikuti dan meneladani segala ajaran Nabi Muhammad SAW.

Ustadz Dwi Apriyanto berceramah dengan tema akhlak sangatlah tepat sekali dengan situasi dan kondisi bangsa saat ini, utamanya dengan semakin meningkatnya degradasi moral anak bangsa yang dialami oleh peserta didik dari tingkat dasar hingga tingkat mahasiswa. Beliau menegaskan tentang kewajiban seorang murid untuk menghargai dan menghormati para guru, karena tanpa guru mereka sebagai murid tidak bisa apa-apa. Oleh karena pentingnya peningkatan pembelajaran adab sopan santun di lingkungan pendidikan sekolah formal maupun non formal sesuai dengan ajaran dan akhlak Rasulullah SAW. (red)