Terima Rapor Semester Genap

(24/6) Libur telah tiba… kalimat itulah yang selalu terngiang-ngiang di telinga anak-anak dengan suka cita. Kegiatan belajar dan mengajar tahun ajar 2021/2022 berakhir dengan ditandai momen pembagian rapor semester genap yang diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 24 Juni 2022.

Pembagian Rapor Semester Genap

Pembagian rapor di SMAN 10 Malang dilaksanakan pada dua sesi, yakni sesi pertama pukul 07.30 hingga pukul 09.00 WIB untuk siswa kelas X, sedangkan untuk kelas XI dilaksanakan pada sesi kedua yaitu pukul 09.30 hingga pukul 11.00 WIB di ruang kelas masing-masing.

Tim Pemandu

Dalam kegiatan ini, tim pemandu bertugas untuk membantu kelancaran pelaksanaan pembagian rapor dengan memandu para tamu orang tua siswa ke ruang-ruang kelas, selain itu sebagai bentuk kerjasama sekolah dengan lembaga bimbingan belajar dalam bentuk pembagian map dan brosur dari Ganesha Operation, Brawijaya Bimbingan Belajar, dan Neutron. (red)

Meriah: Salting Energies 2022

(22/6) Salting Energies itulah judul gelaran classmeeting penutupan semester genap kali ini, Salting Energies adalah kependekan dari Satradhirsa Classmeeting Energies 2022. Sudah menjadi tugas rutin dari Pengurus OSIS dan MPK menjadi panitia kegiatan sekolah seperti halnya classmeeting, event ini adalah gelaran tatap muka dengan melibatkan seluruh siswa kelas X dan XI seusai masa pandemic covid-19, bisa dipastikan selama dua tahun masa pandemi tidak ada kegiatan besar seperti classmeeting.

Pertandingan Voli

Suka cita dan meriah pastinya semua siswa menyambut dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari dari hari Senin tanggal 20 Juni hingga hari Rabu tanggal 22 Juni 2022 dengan menggunakan lapangan Basket, lapangan Voli dan ruang kelas untuk Review Film. Meski begitu, aturan protokol kesehatan tetap berlaku, karena pandemi covid masih belum bener-bener tuntas.

Dance Perform

Ada beberapa perlombaan yang sudah disiapkan oleh panitia classmeeting, diantaranya pertandingan Bola Basket, pertandingan Bola Voli, pertandingan Futsal, dan Review Film. Pertandingan tersebut tidak hanya diikuti oleh antar siswa saja, melainkan juga dipertandingkan antara siswa dengan Bapak/Ibu Guru, antar siswa dengan perwakilan alumni.

Setiap harinya sebelum classmeeting dimulai, para siswa yang tergabung dalam grup vokalis satradhirsa menunjukkan kebolehannya dalam olah vokal dengan membawakan beberapa lagu dari berbagai genre, salah satunya adalah Oktavia Arilea yang suka membawakan lagu-lagu pop Indonesia terkini. Dilanjutkan dengan apel oleh seluruh siswa untuk mengikuti senam kesehatan jasmani di lapangan basket dengan instruktur senam dari guru Olahraga dan panitia siswa. Ditengah kegiatan classmeeting berlangsung juga dimeriahkan penampilan almuni Della Poyz dan Elisha yang mempersembahkan sebuah lagu dangdut untuk menggoyang peserta classmeeting berjoget di lapangan. Pada hari terakhir classmeeting setelah senam pagi, seluruh peserta classmeeting dibangkitkan semangatnya dengan menyaksikan penampilan tim Dance Smandasa yang tampil dengan sangat apik, kompak, dan energik. Event classmeeting yang digawangi oleh Erynthrina Rully Crista dari kelas X Bahasa ini benar-benar membuat seluruh siswa sangat terhibur dan bersemangat baik sebagai peserta pertandingan maupun sebagai penonton atau tim supporter. (red)

CREATE-Nomat, Nonton Bersama Generasi Toleran

(20/6) Diawal hari penyelenggaran kegiatan classmeeting, terdapat kegiatan lain yang juga diikuti oleh sebanyak 35 siswa dan tiga orang guru, yaitu acara yang diadakan oleh Yayasan CREATE dari Jakarta bertempat di aula sekolah dari pukul 07.30 hingga pukul 11.30 WIB pada hari Senin tanggal 20 Juni 2022.

Tujuan dari dibentuknya Yayasan CREATE adalah untuk meningkatkan toleransi dan pluralism di lingkungan sekolah, salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah dengan membuka kesempatan belajar bagi siswa terkait isu toleransi dan pluralism. Berbagai pendekatan seni dan budaya yang mungkin dilakukan, serta aktivisme pemuda melalui kegiatan CREATE-Nomat, Nonton Bersama Generasi Toleran.

Kegiatan nonton bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kedasaran siswa dan guru mengenai isu toleransi dan pluralism, mensosialisasikan video animasi CREATE ke siswa dan guru sekolah mitra CREATE, serta mendorong siswa untuk berdiskusi terkait isu toleransi dan sosial yang tengah terjadi di masyarakat.

Acara ini tidak hanya nonton bersama dan diskusi semata, melainkan terdapat beberapa kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan bagi pesertanya, seperti halnya permainan-permainan yang disajikan yang membuat para peserta semakin antusias. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat atau pikirannya dengan bebas dan gamblang mengenai isu-isu toleransi. Penyelenggara acara ini berharap dengan adanya kegiatan semacam ini dapat meningkatkan toleransi antar sesame dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (red)

Pelatihan Fotografi

(12/6) Ekstrakurikuler Fotografi melalui Pak Yudi Fahmin, SH. sebagai Pembinanya mengadakan pelatihan Fotografi pada hari Minggu tanggal 12 Juni 2022 mulai pukul 15.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Model Fotografi

Pelatihan diikuti oleh peserta ekskul Fotografi sendiri, lokasi yang digunakan yaitu di lingkungan sekolah mulai dari aula lama, lapangan basket, balkon lantai 2 gedung kelas XI, lapangan voli, dan spot Jalan Danau Bratan.

Long Exposure

Materi yang pertama adalah materi pemotretan model yang diperagakan oleh Salsabila Shafira Heksarahma dengan berpose mengenakan dress dan selendang bernuasan batik tenun di aula lama. Materi berikutnya adalah teknik memfoto Menara Masjid yang artistik dan proporsional, teknik kecepatan memfoto objek yang bergerak (teknik panning), hingga praktik foto long exposure.

Pelatihan Fotografi

Pelatihan ini adalah tak lain untuk pemantapan teori-teori yang sudah disampaikan oleh Pembina/pelatih pada saat ekskul yang dilaksanakan secara daring (online) sehingga peserta didik dapat memahami dengan utuh antara teori dan praktik. (red)

Juara 1 Quality Innovation Research

(15/5) Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Naional Malang menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah “Quality Innovation Research” yang diselenggarakan pada tanggal 28 Februari hingga 14 Mei 2022. Tim perwakilan dari SMAN 10 Malang yang terdiri dari Thoriq Habiburrahman Prasetyo (Kelas XI MIPA 2), Nabila Faraha Azarine (Kelas X IPS 4), dan Nabila Rizka Maheswari (Kelas X IPS 4) mereka berlomba dengan peserta-peserta lainnya pada tingkat SMA/Sederajat dari perwakilan seluruh provinsi Jawa Timur.

Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah “Quality Innovation Research”

Lomba karya tulis ilmiah ini bertemakan Pemanfaatan Terbarukan Dengan Green Technology Era Revoluai Industry 4.0. Pak Nuri Rizki Setiawan, S.Pd., Gr. Adalah guru pemnbimbing mereka tim dari SMAN 10 Malang selalu melakukan bimbingan secara intens agar menghasilkan yang terbaik, karya tulis ilmiah yang berjudul “Bio – Bakuapi: Pemanfaatan Limbah Kulit Apel dan Limbah Kulit Ubi Sebagai Bahan Baku Baterai Ramah LIngkungan” yang dipresentasikan pada tanggal 14 Mei 2022 berhasil meraih Juara 1 Quality Innovation Research tingkat Provinsi Jawa Timur. (red)