Calon Guru Praktik Mengajar

(13/9) SMAN 10 Malang sudah menjadi ketempatan rutin bagi kampus negeri dan swasta di Kota Malang untuk melaksanakan praktik mengajar bagi para calon guru dalam program Praktik Pengalaman Lapangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mahasiswa PPL.

Para mahasiswa dari jurusan Pendidikan wajib diikuti dan dilaksanakan menjelang semester akhir atau menjelang mereka wisuda sebelum mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Hingga saat ini di SMA Negeri 10 Malang ketempatan sebanyak 22 orang mahasiswa dari Universitas Negeri Malang pada PPL Gelombang ke-1 yang dilaksanakan sejak tanggal 9 Agustus 2021 hingga tanggal 20 September 2021, sedangkan 24 orang mahasiswa lagi yang tergabung dalam Gelombang ke-2 berlansung mulai tanggal 27 September 2021 sampai tanggal 29 Oktober 2021.

Hari ini tepatnya tanggal 13 September 2021, SMAN 10 Malang juga kedatangan sebanyak 18 orang mahasiswa dari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dalam pelaksanaan Kegiatan Program Asistensi Mengajar (PLP II) program studi S-1 yang dilaksanakan pada tanggal 13 September 2021 hingga tanggal 31 Desember 2021.

Para mahasiswa PPL tersebut melaksanakan praktik mengajar para berbagai mata pelajaran yang disebur di kelas X, XI, dan XII. Selama sekian bulan itu mereka ditantang untuk bisa mempraktikkan cara mengajar dengan baik dan benar pada jenjang siswa SMA, selain tantangan ini juga merupakan bagian dari pengalaman yang sebenarnya untuk mengimplementasikan antara teori dan praktik. (red)

Kunjungan SMAN 1 Kwanyar – Kab. Bangkalan

(11/9) Sebanyak 32 orang guru dari SMAN 1 Kwanyar Kabupaten Bangkalan datang berkunjung silaturrahmi ke SMAN 10 Malang pada hari Sabtu tanggal 11 September 2021, kunjungan silaturrahim ini adalah dimaksudkan untuk mengantarkan Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., MM. bertugas di tempat baru sebagai Kepala SMAN 10 Malang yang telah diacarakan pada Pisah Kenal tempo hari.

Bapak/Ibu Guru dari SMAN 1 Kwanyar disambut di aula sekolah sekira kurang lebih selama 2 jam. Kehadiran tamu-tamu tersebut disambut oleh Bapak Sasongko sebagai kepala sekolah yang baru, Bapak Nur Ali Akhmad selaku Wakasek Bidang Kurikulum dan tim manajemen lainnya. Disamping itu unjungan ini juga meningkatkan hubungan kerjasama antara SMAN 10 Malang dengan SMAN 1 Kwanyar kedepannya. (red)

Sukses Menjadi Pemuda-Pemudi Zaman Now

(10/9) Kegiatan Keputrian BDI SMANDASA pada hari Jumat ini tepatnya tanggal 10 September 2021 mengambil judul “Sukses Menjadi Pemuda-pemudi Zaman Now”, kegiatan Keputrian ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting yang dihadiri khusus siswa putri yang beragama Islam.

Pematerinya adalah Ibu Amna Latifah, salah satu Guru SMAN 10 Malang, zoom dilaksanakan selama kurang lebih 60 menit lamanya yakni sejak pukul 11.45 hingga pukul 12.45 WIB. Setiap siswi harus mencatatkan hasil materi Keputrian di Buku El-Fikr yang sudah dibagikan pada awal tahun pelajaran ini.

Kegiatan Keputrian oleh BDI SMANDASA ini secara rutin terselenggara setiap hari Jumat siang yang dimulai menjelang adzan Dzuhur tiba dan berakhir bebarengan sholat Jumat usai. Keputrian adalah kegiatan positif yang menjadikan nilai tambah bagi siswi muslim disamping kegiatan rutin Istighosah atau Khataman Al-Qur’an pada Jumat pagi sebelum pelajaran berlangsung.

Remaja Jaman Now itu adalah masa masa transisi, suka moodiness, cepat emosi, tidak suka interventasi orang dewasa dalam menyelesaikan masalah, masa mencari jati tiri, dan hubungan teman sebaya lebih di utamakan daripada keluarga. Remaja Jaman Now lebih banyak percaya teman Sahabat karena ia merasa bercerita kepada teman lebih aman dari pada bercerita kepada orang tua.

Meskipun kita lebih percaya kepada teman, kita juga tetap harus memilih teman yang baik untuk kita. Kita harus memilih teman yang mengajak kita ke Surga. Teman yang harus kita hindari adalah teman yang mengajak kita ke neraka. Berikut tanda-tanda teman yang mengajak kita ke neraka          :

  1. Mengajak kejelekan
  2. Posesif
  3. Memaksa untuk mengikuti trend
  4. Sahabat jika saat dibutuhkan saja
  5. Tawuran biar dianggap sahabat

Remaja jaman now pastinya juga memiliki masalah terbesar yaitu  :

  1. Penampilan
  2. Pendidikan
  3. Persahatan
  4. Kenal Cinta
  5. Percaya Diri (fay)

Pisah Kenal Kepala SMAN 10 Malang

(9/9) Pergantian pimpinan pada suatu Lembaga atau institusi Pendidikan adalah hal yang wajar dan simultan, selain untuk penyegaran manajemen kepemimpinan, hal lainnya adalah untuk peningkatan karir seorang Kepala Sekolah. SMA Negeri 10 Malang telah mengalami pergantian pucuk pimpinan per tanggal 1 September 2021.

Adalah Ibu Dr. Husnul Chotimah, M.Pd yang akan menempati tugas baru di SMAN 4 Malang, sedangkan di SMAN 10 Malang sendiri kedatangan Kepala Sekolah baru dari SMAN 1 Kwanyar, Bangkalan, Madura yakni Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., MM.

Upacara pelantikan serah terima jabatan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 8 September 2021 sekira pukul 1 siang bertempat di SMK Negeri 2 Malang, acara terebut bebarengan pelantikan pejabat lainnya di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Kota Batu yang dilantik oleh Ibu Dr. Ema Sumiarti, M.Si Kepala Cabang Dinas Pendidikan.

Pada hari berikutnya, Kamis tanggal 9 September 2021 diselenggarakan acara pisah kenal di gedung aula utama SMAN 10 Malang mulai pukul 13.30 hingga pukul 16.30 WIB. Pisah Kenal antara Ibu Husnul Chotimah sebagai kepala sekolah yang lama dengan Bapak Sasongko sebagai kepala sekolah yang baru.

Dihadiri seluruh Guru dan Karyawan, pengurus Komite Sekolah, para mantan Kepala SMAN 10 Malang, pengawas Pembina dan beberapa undangan lainnya turut melepas Ibu Husnul Chotimah dan menyambut kepala sekolah yang baru yakni Bapak Sasongko.

Berbagai menu acara telah disiapkan dan dipersembahkan untuk Ibu Husnul dan Bapak Sasongko, mulai dari Tari Emprak sebagai simbol tarian selamat datang, persembahan lagu dan puisi dari perwakilan guru dan siswa. Tak hanya itu sambutan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota Batu yang diwakili oleh Ibu Dra. Sri Andayani selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Ibu Sudijarsi Widartiek, S.Pd., MM. selaku Kasi Pendidikan Menengah Kejuruan. Ketua Komite Sekolah Bapak Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd., perwakilan guru oleh Pak David, dan perwakilan siswa oleh Pengurus OSIS SMAN 10 Malang, dan tentunya sambutan dari Ibu Husnul dan Bapak Sasongko yang sangat berkesan di hati hadirin semuanya. Semoga Ibu Husnul Chotimah semakin sukses di tempat baru dan Bapak Sasongko juga dapat membawa kesuksesan untuk SMAN 10 Malang kedepannya. Aammiinn. (red)

Tetap Semangat Belajar Meski PTM Terbatas

(6/9) Sudah sejak pukul 6 pagi beberapa siswa mulai berdatangan memasuki lingkungan sekolah dengan wajah yang penuh semangat untuk memulai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas 50% setelah Pemerintah menurunkan status level PPKM di wilayah Kota Malang. SMA Negeri 10 Malang telah siap dengan penuh kesiagaannya menyelenggarakan pembelajaran tatap muka yang diikuti oleh sebagian siswa Kelas X, XI, dan XII sesuai dengan jadwalnya masing-masing, sistem yang dipergunakan adalah dengan nomor absen ganjil dan genap.

Protokol kesehatan yang ketat tetap terus diberlakukan dimulai dengan chek suhu badan, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tentunya wajib mengenakan masker. Kesemuanya itu Tim Satgas Covid-19 dari sekolah sudah bertugas sejak awal kehadiran siswa hingga seusai jam pembelajaran di sekolah.

Salah satu syarat sebuah sekolah boleh dan bisa menyelenggarakan PTM terbatas adalah semua warga sekolah dari Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan staff karyawan sudah divaksin tahap 1 dan tahap 2, sedangkan para siswa mengikuti vaksinasi pada beberapa tempat yang telah disiapkan oleh pemerintah dan Lembaga lainnya secara bertahap.

Kegiatan Belajar Mengajar hanya berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Siswa yang mengikuti pembelajaran di rumah secara daring (dalam jaringan) juga menerima pembelajaran yang sama seperti para siswa yang mengikuti pelajaran di sekolah atau secara tatap muka.

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas akan terus dipantau dan dievaluasi oleh Tim Satgas Kota Malang agar kegiatan belajar mengajar di sekolah kedepannya semakin baik, aman, lancar dan tidak menambah potensi penyebaran dan penularan virus Covid-19 dengan berbagai variannya. (red)

Rapat Dinas

(2/9) Jelang masa jabatan Ibu Husnul Chotimah sebagai Kepala SMAN 10 Malang melaksanakan rapat dinas terakhir di masa kepemimpinan beliau yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 2 September 2021. Ada banyak hal yang dibahas bersama dan dipaparkan bersama di depan seluruh peserta rapat dinas yakni seluruh Bapak/Ibu Guru dan staff karyawan sekolah.

Mulai paparan tentang RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) dari pos anggaran BOS (Bantuan Operasional Sekolah), pos anggaran BPOPP (Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan) dan pos anggaran dari Dana Komite Sekolah.

Sedangkan paparan dari bagian Kurikulum, Bapak Nur Ali Akhmad menyampaikan tentang persiapan Pembalajaran Tatap Muka Terbatas dengan ketentuan  sejumlah 50 % siswa yang boleh hadir di sekolah untuk mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar secara langsung.

Tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, maka pembelajaran dapat berlangsung dengan aman, lancar dan sehat, maka dari itu Tim Satgas Covid-19 dari sekolah selalu siap siaga untuk mengawalnya. (red)

SANS Podcast: Get To Know Mental Illness

(31/8/) Episode ke-3 ini SANS Podcast hadir dengan tema Get To Know Mental Illness yang tayang pada tanggal 31 Agustus 2021 di channel Youtube SMAN 10 Malang mulai pukul 16.00 WIB. Tampil sebagai pembicara adalah seorang konselor yang kompeten dibidangnya yakni Tri Teguh Kurniawan, S.Psi.

Sesuai dengan tema pada episode ke-3 ini, perbincangan membahas tentang kesehatan mental remaja utamanya pada saat pandemi yang masih mewabah hingga sekarang. Sebagai Generasi Z wajib kiranya kalian para remaja dan pelajar masa kini mengikuti obrolan mereka yang menarik di https://www.youtube.com/watch?v=jW4k_JZu2vQ untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kekinian yang bermanfaat baik.

Like, share, comment, dan subscribe untuk kemajuan dan peningkatan kualitas Sastradhirsa Nimbrung Santai Podcast SMAN 10 Malang. (red)