Salam Pramuka: Hari Pertama Latihan Pramuka

(5/8) Hari Jum’at, 5 Agustus 2022, SMAN 10 Malang mengadakan kegiatan estrakurikuler wajib Pramuka bagi siswa kelas X. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk melatih siswa-siswa SMAN 10 Malang bisa menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, dan saling bekerja sama. Kegiatan ini juga digunakan untuk melatih siswa untuk ber-organisasi, dan dan melatih kepemimpinan.

Kegiatan ini dimulai dengan latihan apel pembukaan tepat pada jam 14.00 WIB, yang dipimpin oleh pembina upacara yaitu Kak Dicke Marita Anggraeni, S.Pd. Setelah apel pembukaan selesai, dilanjutkan dengan latihan PBB atau Peraturan Baris Berbaris. Kemudian kegiatan berlanjut ke permainan membentuk kelompok. Sebanyak 10 aggota diajak bermain membentuk lingkaran besar, saling bergandengan tangan, dan menyanyikan lagu Disini Senang Disana Senang. Kemudian, dilanjutkan dengan pembentukan kelompok yang dipilih sendiri. Pembentukan kelompok ini tidak harus sesuai dengan kelas masing-masing, jadi mengharuskan siswa kelas 10 bersosialisasi dengan siswa kelas lainnya.

Setelah pembentukan kelompok sudah dilaksanakan, kakak-kakak Pelatih mengarahkan siswa kelas 10 membuat yel-yel antar regu, dan menentukan pengurus masing masing kelompok atau regu. Waktu yang ditentukan saat berdiskusi hanya diberi 30 menit saja. Semakin cepat waktu yang ditentukan, maka melatih siswa kelas 10 untuk disiplin dan tegas dalam bekerja sama.

Saat masing-masing regu atau kelompok sudah selesai membuat yel-yel, selanjutnya tiap-tiap kelompok menampilkan yel-yel kelompok yang dibuatnya tadi. Kakak-kakak Pelatih dan Pembina Pramuka akan menilai secara langsung yel-yel dari masing-masing kelompok. Jika sudah selesai, maka kelompok itu akan melanjutkan mengisi daftar hadir yang sudah di siapkan melewati pengurus kelompok atau regu. Kelompok yang sudah menyusun anggotanya maka bisa mengumpulkan data-datanya kepada kakak pembina yang bersangkutan.

Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 16.10 WIB, ditutup dengan doa dan pengarahan dari kakak pembina dengan memberikan pengarahan mengenai atribut apa saja yang wajib dipakai saat kegiatan pramuka pada pertemuan selanjutnya. Dengan berakhirnya pengarahan dari kakak pembina, maka berakhir pula kegiatan Pramuka hari ini. (rey)

Tausiyah Muharram

(5/8) Seluruh saudara muslim di seluruh dunia sedang merayakan Tahun Baru Islam Tahun 1444 H. yang jatuh pada tanggal 1 Muharram. Tentu dengan adanya hal ini membuat iman dan ketakwaan kita semakin meningkat karna adanya makna yang bisa kita teladani dari Tahun Baru Islam Tahun 1444 H. Untuk itu seluruh keluarga besar SMA Negeri 10 Malang pada hari Jumat tepatnya pada tanggal 5 Agustus 2022 memperingati Tahun Baru Islam Tahun 1444 H.

Tausiyah Muharram memperingati Tahun Baru Islam 1444 ini  diadakan di lapangan sekolah SMA Negeri 10 Malang. Seluruh siswa-siswi, para guru, staf, dan karyawan sekolah pun turut serta juga dalam tausyiah hari ini.

Tausiyah memperingati Tahun Baru Islam 1444 H. ini di mulai sekitar pukul 07.00 pagi, tak lupa dengan iringan sholawat oleh tim al banjari yang menangkan hati. Suasana semakin larut ketika seluruh jamaah di persilahkan untuk berdiri sambil mensyiarkan sholawat mahalul qiyam bersama.

Acara Tausiyah Muharram memperingati Tahun Baru Islam 1444 H di mulai dan dibuka oleh MC selaku pembawa acara. Dengan diawali bacaan basmalah acara Tausiyah Muharram untuk memperingati Tahun Baru Islam 1444 H di buka dan MC yang langsung membacakan susunan acara pada hari ini.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan wahyu ilahi oleh ananda Manda dan sari tilawah oleh ananda Okta. MasyaAllah sungguh menyayat hati lantunan Al-Quran ini.

Kemudian sambutan oleh Bpk. Nur Ali Ahmad, M. KPd. Selaku Waka Kesiswaan SMA Negeri 10 Malang. Kemudian masuk ke inti acara yaitu mauidzah khasanah oleh ustadz Hendra Ubay. Materi yang disampaikan oleh ustadz Hendra Ubay sangat lah menarik bagi siswa-siswi. Materi yang disampaikan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menghafal bulan dalam Islam
  2. Hijrah menjadi lebih baik
  3. Dan yang terakhir hukum pacaran

Topik di atas tentunya sangat menarik perhatian siswa-siswi sehingga saat diadakan sesi tanya jawab banyak sekali yang antusias dengan menjawab pertanyaan atau bahkan bertanya.

Tak hanya itu acara Tausiyah Muharram ini juga di meriahkan dengan sesi sambung ayat Al-Qur’an. MasyaAllah sungguh indah lantunan Al-Quran oleh siswa-siswi SMA Negeri 10 Malang.

Setelah itu pengumuman pemenang lomba memperingati Tahun Baru Islam 1444 H. Diantaranya lomba tilawah, lomba cover sholawat, dan lomba bercerita tentang kisah nabi.

Kemudian yang terakhir adalah doa yang dipimpin oleh ustadz Hendra Ubay dan penutup yang diakhiri dengan doa Kafaratul Majelis.

Alhamdulilah… (bie)

Lomba Cover Sholawat Nabi

(4/8) Tahun Baru Islam merupakan acara tahunan yang dilaksanakaan oleh SMAN 10 Malang, namun beberapa tahun kebelakang ini acara memperingati Tahun Baru Islam dilaksanakan secara online, dan baru bisa dilaksanakan secara tatap muka pada tahun 2022.

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam1444H, SMAN 10 Malang mengadakan acara lomba cover sholawat. Pelaksanaan lomba ini adalah bentuk untuk ikut memeriahkan acara ini. Lomba dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2022, pukul 10.10, mundur 10 menit dari rencana awal, disebabkan adanya kesalahan teknis. Meski begitu, hal ini tidak melunturkan semangat para peserta lomba.

Kelancaran acara ini dibuktikan dengan tenangnya siswa yang ikut lomba maupun hanya menjadi pendukung dari kelas masing-masing.

Acara ini dibuka dengan sambutan singkat dari pembawa acara, dilanjut dengan unjuk bakat dari perwakilan kelas 12 IPS 4 hingga 12 M     IPA 1, dan ditutup dengan perwakilan dari 11 IPS 2 hingga 11 IPS, sesuai urutan yang sudah ditentukan.

Lomba sempat di jeda beberapa menit untuk ishoma (istirahat sholat makan) sebelum berlanjut ke peserta lomba dari kelas 10.

Acara berjalan lancar hingga akhir, disusul dengan penutupan dari pembawa acara lomba. (njm)

Tahun Baru Islam 1444 H

(4/8) Dalam memperingati Tahun Baru Islam pada bulan Muharram 1444 H ini, BDI SMANDASA atau Badan Dakwah Islam SMA Negeri 10 Malang mengadakan berbagai kegiatan atau lomba menarik, yang diikuti oleh perwakilan dari masing masing kelas.Dalam kegiatan kali ini, BDI SMANDASA mengusung tema, “Sambut Tahun Baru Islam dengan Semangat Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT”.

Dalam kegiatan ini, beberapa lomba yang di selenggarakan adalah Lomba Tilawah, Lomba Cover Sholawat, dan Lomba bercerita kisah para Nabi, yang diikuti oleh beberapa perwakilan kelas.

Agar pelaksanaan kegiatan ini lancar, tak lupa BDI SMANDASA memberikan juknis setiap lomba guna untuk mempermudah memperoleh informasi untuk peserta lomba.

Kegiatan yang diagendakan tim BDI SMANDASA ini, di mulai dari pukul 09.40 – 13.45 untuk Lomba Cover Sholawat yang bertempat di Aula baru SMA Negeri 10 Malang dan di saksikan oleh siswa dan siswi dengan jadwal yang telah di tentukan, secara bergantian setiap angkatan. Lomba Tilawah yang dimulai pukul 09.40 dan berakhir 13.28 yang bertempat di Musholla SMA Negeri 10 Malang dan kemudian lomba bercerita kisah para Nabi yang dalam teknis nya adalah dengan berbasis online yaitu dengan menggunakan media sosial Instagram, dalam lomba ini bisa diikuti oleh para peserta lomba dimulai pada tanggal 31 Juli – 3 Agustus 2022 dengan cara mengupload video dengan men-tag akun @bdi_smandasa dan dengan tagar #storltelbdi10.

Agenda BDI SMANDASA, tidak sampai di situ, terdapat acara di hari selanjutnya yaitu pada hari Jumat, Tausiyah di Lapangan Basket SMA Negeri 10 Malang. Dalam kegiatan kali ini, dimulai pada pukul 06.45 – 10.00 WIB dan pada 10.10 – 13.50 WIB bisa melanjutkan Kegiatan Belajar Mengajar seperti biasanya.

“Yang diharapkan dari kegiatan ini adalah banyak siswa yang mau berpartisipasi untuk mengikuti lomba atau menyumbangkan bakatnya manfaatnya melatih kepercayaan diri dan melatih bakat yang dimiliki.” Kata Manda, selaku Sie Acara.

Untuk memaknai adanya peringatan Tahun Baru Islam ini, sebagai seorang hamba hendaknya selalu mengupgrade diri untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. (nad)

Jurnalistik / Nadiyah Ilfana / XI MIPA 2

Bersiap: Ekskul Semester Ganjil Siap Digelar

(29/7) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 telah dimulai sejak tanggal 18 Juli yang lalu, dengan dimulainya kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan kegiatan lainnya. Tahap berikutnya adalah dimulainya kegiatan ekstrakurikuler yang diawali dengan rapat koordinasi para Pembina/pelatih ekstrakurikuler yang akan berlangsung pada semester ganjil ini.

Pertemuan diadakan di ruang aula utama sekolah mulai pukul 13.00 hingga pukul 14.30 WIB pada hari Jumat, tanggal 19 Juli 2022 yang dipimpin oleh Bapak Drs. Nur Ali Akhmad, M.KPd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Hadir pula Kepala SMAN 10 Malang Bapak Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. yang memberikan sambutan kepada seluruh Pembina/pelatih ekskul harapannya agar semua pembina/pelatih memiliki visi yang sama dalam peningkatan dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler untuk peningkaran prestasi siswa.

Koordinasi bertujuan untuk memetakan jadwal pelaksanaan kegiatan masing-masing ekskul agar di lapangan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, dalam rapat koordinasi ini, seluruh pembina/pelatih ekskul untuk menyiapkan silabus dan program kerjanya agar lebih terarah dan berkesinambungan. Juga hadir dala rapat koordinasi tersebut adalah Bapak Erfan Maulidin selaku Koordinator Ekstrakurikuler dan Ibu Dhevi Amalia yang bertugas sebagai Pembina OSIS SMAN 10 Malang.

Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai penunjang kegiatan inti pembelajaran yakni kegiatan Intrakurikuler harus mampu menghasilkan berbagai prestasi dan inovasi atau berbagai karya produktif yang berguna, meningkatkan etika dan akhlak dalam berkegiatan demi tercapainya Learn Today, Lead Tomorrow, Be The Best!. (red)

Qibar Jumat

(29/7) Rutinan setiap Jumat pagi bagi siswa yang beragama Islam adalah membaca Al Qur’an secara bersama-sama, untuk hari Jumat pagi ini siswa yang ada di musholla sekolah adalah dari Kelas X.A dan X.B, sedangkan siswa yang beragama Kristen dan Katholik beribadah pagi di ruang Agama Kristen/Katholik.

Qibar atau istilahnya Qiroah Bareng kali ini adalah membaca Surat Ar Rahman yang dimulai secara serentak baik di musholla maupun di kelasnya masing-masing dengan didampingi oleh guru kelasnya. Pembacaan surat Ar Rahman dipimpin oleh Pak Said selakuk guru Agama Islam dan doa dipimpin oleh Pak Rahmat selaku Koordinator Guru Agama Islam. Sesuai jadwal, Qibar dilaksanakan mulai pukul 06.45 hingga pukul 07.30 WIB. Nantinya siswa yang mengikuti Qibar di musholla bergantian dengan diikuti du akelas. (red)