Kepala SMA Negeri 10 Malang

Dr. Sasongko, S.Pd, MM.

Pendidikan adalah upaya manusia dalam rangka memanusiakan manusia,  berupa proses perubahan terus menerus ke arah yang lebih baik. Lebih tegasnya Pendidikan sebagai proses hendaknya dikelola secara terencana dan sistematis untuk mewujudkan tujuan Pendidikan.

Satuan Pendidikan menjadi titk sentral pelaksanaan Pendidikan secara formal. Jenjang Pendidikan mulai dari Sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu mengarahkan peserta didik untuk berkembang secara optimal yang akhirnya benar-benar menjadi manusia yang memiliki kecerdasan, berakhlak mulia dan mandiri.

SMA Negeri 10 Malang merupakan satuan Pendidikan pada jenjang Pendidikan sekolah menengah memiliki fungsi strategis dalam pengembangan peserta didik menuju kedewasaan. Fase transisi perkembangan anak dialami pada usia remaja, dan terjadi pada anak sedang menjalani Pendidikan di SMA. Fase ini menjadi krusial, karena tugas-tugas perkembangan yang tidak dialami secara baik dan terarah, memberikan dampak pada perilaku menyimpang pada anak didik.

SMA Negeri 10 Malang menyadari sepenuhnya pentingnya menanamkan nilai-nilai penting untuk perkembangan anak secara optimal ke arah yang positif. Pelayanan Pendidikan secara holistik menjadi standar pelayanan sekolah. Sekolah berusaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan peserta didik, baik kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, serta menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, melatih dan mengembangkan karakter positif dan menumbuhkan jiwa kemandirian.

Masyarakat pembelajar menjadi kunci keberhasilan pendidikan. Ciri masyarakat pembelajar adalah masyarakat yang selalu berusaha untuk belajar mehami fenomena yang terjadi di sekitarnya, menambah informasi dan pengetahuan dengan literasi dan mampu memberi makna yang tepat dari setiap fenomena yang terjadi. Mari kita ciptakan lingkungan sekolah yang nemubuhkan dan mengembangkan masyarakat pembelajar yang dapat berimbas pada lingkungan yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *