(23/5) Seperti yang telah kita ketahui bersama pada tanggal 20 Mei 2022 kemarin diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Dan pada hari Senin  tepat tanggal 23 Mei 2022 seluruh warga sekolah SMA Negeri 10 Malang melaksanakan apel untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Apel tersebut berjalan dengan khidmat dan lancar, Kalian tertarik untuk mengetahui nya untuk lebih lanjut? Simak lebih lanjut yah !

Apel di mulai pukul 06.50 pagi, peserta upacara dan para guru sudah siap di tempat nya dengan tertib. Tak lama pemimpin upacara memasuki lapangan upacara yaitu ananda Aji dari kelas X. “Siaaap Grakk!!” lantang sang pemimpin upacara menyiapkan pasukannya.

Lalu beralih pada penghormatan kepada pembina upacara yaitu Bapak Sasongko dan penghormatan kepada bendera kita merah putih. Kemudian Pemimpin upacara mengistirahatkan peserta upacara untuk mendengarkan amanat dari pembina upacara.

Amanat dari pembina upacara adalah pertama beliau menyampaikan ucapan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kesehatan sehingga para guru dan siswa SMAN 10 Malang dapat berkumpul pada pagi hari ini untuk melaksanakan apel pagi .

Untuk selanjutnya beliau menyampaikan tentang ada dua peringatan penting di bulan Mei yaitu pada tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional dan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional .

Dalam memaknai Hari Pendidikan Nasional kita haruslah memahami tentang bagaimana keadaan pendidikan di Indonesia pada saat ini, karena beberapa saat lalu kita semua berada di kondisi untuk pembelajaran daring, hal tersebut tak sedikit membuat para siswa kehilangan nilai karakter sebagai siswa contohnya seperti nilai kerajinan, kedisiplinan, dan beberapa nilai unggul.

Selanjutnya adalah implementasi dari Hari Kebangkitan Nasional. Sudah saatnya kita semua untuk bangkit untuk memulai segala sesuatu yang lebih baik. Yang terakhir, beliau memberikan semangat kepada semua siswa, karena pada satu Minggu kedepan semua siswa akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) .

Setelah amanat selesai, di lanjutkan dengan pembacaan doa oleh petugas upacara. Di tengah-tengah berdoa seluruh peserta upacara dan para guru serempak menundukkan kepala.

Setelah itu ditutup dengan penghormatan kepada pembina upacara. Setelah bapak Sasongko memberi penghormatan kepada seluruh peserta upacara, pemimpin upacara membubarkan seluruh peserta upacara dengan aba-aba “balik kanan bubar jalan !!”

Syukurlah apel untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional berjalan dengan lancar serta khidmat, ini lah yang diharapkan seluruh pahlawan bangsa. Semoga dari sekarang dan seterusnya bisa tertib dan khidmat Aamin. (nil/eba)

Apel Peringatan Kebangkitan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published.