MENUJU PRESENTER BERITA TELEVISI YANG INSPIRATIF

Pada tanggal 11 Februari 2013, Universitas Kristen Petra Surabaya melaksanakan seminar dan audisi Presenter Berita Televisi untuk Kota Surabaya. Seminar dan audisi ini dikemas dengan sebutan acara LPBT (Lomba Presenter Berita Televisi) dengan mengambil tema “Inspire” yang dimaksudkan bahwa presenter berita televisi yang bisa menginspirasi orang lain. Sebenarnya LPBT Inspire telah dilaksanakan di 7 kota besar Indonesia, yaitu Malang, Surabaya, Semarang Yogyakarta, Bali,Makassar dan Balikpapan, dengan peserta dari mahasiswa dan siswa SMA.

M.-Bahrul-Latif

SMAN 10 Malang telah mengirimkan 2 siswa perwakilannya yaitu Putri Widji Andriani Kelas XI IPS 4 dan Muhammad Bahrul Latif Kelas XI IPA 7, acara LPBT Inspire dimulai pada pukul 09.00 untuk opening registration, kemudian dilanjutkan dengan seminar dengan judul “ menuju presenter berita televisi yang inspiratif” seminar ini dihadiri oleh pemateri Jandy Luik, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Dalam seminar ini disampaikan tentang tips-tips bagaimana cara menjadi presenter yang baik, dan yang dapat menginspirasi orang lain. Selain itu juga disampaikan bahwa presenter berita itu berbeda dengan aktor, aktor meminkan peran orang lain tetapi presenter berita harus menjadi diri sendiri.

Setelah seminar usai, dilanjutkan dengan audisi. Audisi dimulai dari tingkat mahasiswa kemudian dilanjutkan dengan siswa SMA. Pada tahap pertama peserta dikarantina selama 10 menit untuk mempelajari script berita, kemudian dipanggil satu persatu untuk masuk ke ruang studio untuk shooting. Studio dilengkapi dengan teleprompter, camera dan perlengkapan lainnya yang dapat mendukung jalannya shooting. Dewan juri dari LPBT Inspire diambil dari Presenter Metro TV dan Presenter SBO TV juga Dosen Komunikasi Universitas Kristen Petra.

Putri-Widji-Andriani

Audisi dinyatakan selesai, kemudian diumumkan siapa saja peserta yang lolos 48 besar untuk mengikuti babak selanjutnya. Satu persatu nama diumumkan, sayangnya kedua nama siswa SMAN 10 Malang tak kunjung disebutkan hingga pengumuman selesai dengan kata lain belum bisa lolos untuk babak selanjutnya. “Tak apalah, audisi ini bukanlah akhir perjalanan menuju presenter berita televisi yang dapat menginspirasi orang lain, melainkan masih banyak jalan yang dapat kita raih, dan tetaplah jadi dirimu sendiri”, kata Jandy Luik Ketua LPBT Inspire 2013.(bahrullatif)

News Presenter Competition 2013
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *