MEMPERSATUKAN PEMUDA INDONESIA
Parade Cinta Tanah Air Nasional 2012

 

Malam itu, di sekeliling api unggun yang membara, kami dari Sabang sampai Merauke bergandeng tangan bersama merasakan indahnya persatuan dan kebersamaan.

 

            SETELAH menjalani seleksi provinsi, Parade Cinta Tanah Air (PCTA 2012) belanjut pada tingkat nasional pada 5 – 8 November 2012 di Jakarta. PCTA 2012 ini diikuti oleh seluruh perwakilan lomba menulis artikel dan kelompok perwakilan untuk lomba diskusi dan argumentasi. Untuk lomba menulis artikel diwakili satu orang setiap provinsi, sedangkan satu kelompok untuk lomba disuksi/argument terdiri dari tiga orang setiap provinsi. Masing-masing provinsi didampingi oleh satu orang Pembina saja. Dari Jawa Timur, peserta lomba menulis artikel diwakili oleh Mochammad Arief Wicaksono dari SMAN 10 Malang. Sedangkan untuk lomba diskusi/argument diwakili oleh tiga siswi dari SMAN 5 Surabaya, demikian juga dengan pembinanya. PCTA 2012 merupakan ajang sosialisasi Kementerian Pertahanan RI tentang sikap bela negara, kepahlawanan, dan cinta tanah air terhadap generasi muda Indonesia. Tema yang diangkat pada PCTA 2012 ini adalah “Anak Muda dan Pembangunan Karakter Bangsa”.

             Seluruh peserta dari maisng-masing provinsi hadir di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta pada tanggal 5 November 2012. Di sana sudah ada panitia yang menyambut kedatangan peserta. Seetelah smeuanya hadir, seluruh peserta dibawa ke penginapan yang terletak di Hotel Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah dengan menggunakan bus. Check in di hotel sekitar pukul 21.00 WIB. Setelah semua peserta mendapatkan kamar, mereka dipersilahkan untuk istirahat yaitu mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Setelah lelah perjalanan, akhirnya malam itu seluruh peserta dapat beristirahat dengan baik untuk mempersiapkan lomba esok harinya.

            Hari ke dua, 6 November 2012. Seluruh peserta sudah harus bangun pukul 04.00 WIB. Hingga pukul 06.00 WIB para peserta diharuskan sudha melaksanakan Sholat Subuh bagi yang muslim, sarapan pagi, mandi, dan persiapan lomba. Hari itu para pserta mengenakan seragam khas dari maisng-masing sekolah mereka. Temasuk Saya yang mengenakan seragam Sampoerna Academy lengkap dengan pin dan baret nya.  Pukul 06.30 WIB, para peserta sudah berada dalam bis untuk bersiap menuju Kantor Kementerian Pertahanan RI yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Di sana, para peserta disambut langsung oleh Pejabat Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan. Sebelum menuju Ruang Bhineka Tunggal Ika, para peserta disambut pula oleh tari-tarian dari beberapa provinsi di Indonesia sebagai tanda selamat datang bagi peserta. Setelah itu, para peserta memasuki aula Bhineka Tunggal Ika untuk melaksanakan upacara pembukaan seluruh angkaian kegiatan dalam PCTA 2012 ini. PCTA 2012 langsung dibuka oleh Menteri Pertahanan RI. Dalam sambutannya, beliau menginginkan pemuda bangsa saat ini dapat menjadi agent of change Bangsa Indonesia untuk lebih baik lagi di masa mendatang. Setelah resmi dibuka, sesi ramah tamah dan foto bersama seluruh peserta diadakan. Acara pembukaan selesai sekitar pukul 10.00 WIB.

Pukul 10.30 WIB Rangkaian lomba dimulai. Untuk lomba menulis artikel dilaksanakan di Gedung S Parman, sedangkan untuk lomba diskusi/argument dilaksanakan di Gedung Urip Sumoharjo yang terletak di sebelahnya. Lomba menulis artikel diikuti lengkap oleh 33 peserta dari 33 provinsi. Satu per satu peserta dipanggil ke dalam suatu ruangan untuk memaparkan apa yang ditulisnya kepada tiga orang juri, yaitu dari kalangan militer, akademisi, dan tokoh pers. Setelah dipaparkan, setiap juri memberikan stau pertanyaan terkait tulisan masing-masing peserta. Setiap peserta menghabiskan kira-kira 15 menit waktu untuk memaparkan dan wawancara. Wawancara lomba menulis artikel selesai pukul 15.00 WIB setelah sebelumnya terpotong pada pukul 12.00 WIB untuk waktu istirahat, sholat, dan makan siang. Sedangkan untuk lomba diskusi/argument, 33 tim dari 33 provinsi melakukan uji argument dari permasalahan-permasalahan yang disampaikan oleh moderator. Dari 33 tim diseleksi menjadi 10 besar, dan dari 10 besar itu diseleksi lagi menjadi 3 besar untuk final. Dalam babak final, setiap tim hanya mendapat jatah bicara satu kali setiap pertanyaan. Dalam final tersebut terdapat tiga pertanyaan dari dewan juri. Pukul 16.00 WIB sebelum pengumuman pemenang, panitia menyediakan hiburan music keroncong khas dari DKI Jakarta. Sekitar pukul 16.15 WIB, tiba pengumuman pemenang. Untuk lomba menulis artikel, pemenang juara 1 diraih oleh peserta dari Jawa Barat, juara 2 adalah peserta dari Aceh, dan juara 3 adalah peserta dari Sulawesi Selatan. Sedangkan untuk lomba diskusi/argument juara 1 adalah peserta dari Aceh, juara 2 adalah peserta dari Jawa Timur, dan juara 3 adalah peserta dari Sumatra Utara. Pada hari itu kegiatan ditutup oleh Sekjen Kementerian Pertahanan yang menyampaikan sejumlah pesan dari Menteri Pertahanan RI yang berhalangan menutup acara sore itu. Malam harinya panitia mengadakan malam unggun kebersamaan untuk saling mengeal antar peserta.

Hari ke tiga, 7 November 2012 seluruh peserta sudah bangun pukul 04.00 WIB. Seperti hari sebelumnya pagi itu maisng-maisng persetta melakukan giat pribadi (sholat, sarapan, dan mandi). Jadwal hari itu adalah wisata ke sejumlah tempat di Jakarta. Tujuan pertama wisata adalah Museum Nasional atau Museum Gajah. Tidak hanya berwisata saja, kami juga mendapat banyak pengetahuan karena wsiata di Museum Gajah didampingi oleh pemandu museum. Setelah satu jam berlalu di Museum Gajah, tujuan wisata selanjutnya adalah Monumen Nasional yang berada di depan Museum Gajah. Di sana peserta hanya melakukan foto bersama. Tujuan selanjutnya adalah Taman Wisata Ancol, di sana seluruh peserta diberi waktu yang cukup panjang, yaitu pukul 11.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Tujuan wisata terakhir adalah Pameran Ind-Defence yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan RI di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta. Indo-defence expo diadakan untuk pameran alusista dari berbagai negara sahabat. Kami beranjak dari indo-defence pada pukul 17.00 WIB dan bertolak menuju penginapan selanjutnya yaitu di Grand City Hotel. Acara perpisahan antar peserta diadakan di hotel tersebut, karena mulai malam itu beberapa peserta sudah kembali ke provinsi maisng-masing. (arf)

PCTA Nasional 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published.